1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

7 Cara Cari Kepuasan Karier Saat Berusia di Atas 50 Tahun

Fokus pada pekerjaan batin hingga sosialisasi menjadi salah satu kunci.

By Arry Anggadha 6 November 2015 07:00
Ilustrasi Karir (Foto: lensza)

Money.id - Bagaimana Anda dapat menemukan kepuasan karier di atas usia 50? Kerry Hannon telah melakukan perjalanan ke seluruh Amerika Serikat untuk berbicara tentang hal itu dan telah menulis buku-buku motivasi tentang subjek yang sama.

Dua bukunya tentang kepuasan karier di atas usia 50, termasuk Love Your Job: The New Rules for Career Happiness dan Getting the Job You Want after 50.

Berikut adalah tujuh cara yang dapat membantu Anda menemukan kepuasan karier di atas usia 50 tahun:

1. Fokus pada "pekerjaan batin"
Ketika bertanya kepada orang-orang soal apa yang mereka sukai tentang pekerjaan mereka, mereka sering mengatakan itu adalah orang-orang yang bekerja dengan mereka, kesempatan untuk belajar dan melakukan perjalanan serta kebebasan bisa bekerja dari rumah.

Jadi, di masa pensiun, Anda memang menerima gaji kurang dari yang diperoleh sebelumnya dan bahkan hak yang kurang. Tetapi semua itu ditukar dengan terpenuhinya kebutuhan psikis.

2. Membangun fleksibilitas
Para pekerja di atas 50 tahun tetap merasa bahagia karena salah satu rahasia mereka adalah kemampuan untuk menyesuaikan pekerjaan sehari-hari dengan spesifikasi mereka. Hal ini berarti mengendalikan jadwal kerja mereka, bekerja dari rumah ketika mereka ingin dan memiliki peluang untuk mengejar hasrat profesional.

3. Menambah keterampilan baru
Mengembangkan kemampuan dan melakukan pencarian bagaimana bisa mendapatkan tambahan keterampilan yang lebih baik, serta belajar bagaimana melakukan sesuatu akan membuat Anda lebih berharga pada pekerjaan sekarang atau yang berikutnya - atau untuk memulai bisnis. Bahkan menambahkan sedikit keterampilan memiliki potensi untuk memberikan imbal hasil yang besar.

4. Selalu siap untuk tugas baru
Sangat mudah untuk menghindari atau menolak proyek-proyek pekerjaan baru bagi pensiunan. Anda mungkin khawatir apakah Anda memiliki semangat dan kemampuan untuk berhasil, selain takut bahwa Anda akan gagal.

Justru, gunakan ketakutan dan kecemasan tersebut akan mengalirkan adrenalin dan semangat menerima pekerjaan baru. Ubahlah pemikiran dari "Saya tidak siap untuk melakukan itu" ke "Saya ingin melakukan itu dan saya akan belajar dengan melakukan hal itu."

5. Menemukan kebahagiaan batin
Menjadi orang yang dihargai oleh rekan-rekan di luar kantor dapat bermanfaat bagi batin dan ini mengirim pesan kepada keluarga bahwa Anda berharga.

Demikian pula, memberikan banyak nasihat atau menjadi sponsor orang yang lebih lebih muda akan memberikan kepuasan batin yang tidak pernah Anda bayangkan. Anda bisa membimbing seseorang yang bahkan tidak bekerja untuk perusahaan Anda, tetapi lini pekerjaannya sama dengan Anda. Atau Anda bisa menjadi relawan bersama dengan rekan kerja.

Hal-hal seperti itu tidak hanya akan membuat Anda bangga, tetapi bisa menjadi jalan promosi atau mendapat kenaikan gaji, jika semua kegiatan positif tersebut didengar pemimpin Anda.

6. Sering berhubungan dengan teman kerja
Sentuhan manusiawi memberikan kebahagiaan sejati. Jadi, usahakan untuk mampir di kantor atau rumah teman hanya sekedar untuk bertanya tentang kabar mereka. Mendengarkan orang lain dan selalu hadir, serta merayakan keberhasilan rekan kerja baik yang profesional maupun pribadi adalah salah satu cara menemukan kepuasan karier di atas usia 50. Semakin sering Anda berinteraksi dengan teman, semakin banyak peluang karier yang menanti Anda.

7. Carilah tujuan hidup
Bagi banyak orang di atas usia 50, jantung kepuasan kerja adalah tujuan hidup. Seperti Jamie Rappaport Clark, Presiden dan CEO Defenders of Wildlife, yang mengatakan, "Saya suka misi atau tujuan dari apa yang akan saya lakukan."

Bila Anda percaya pada misi perusahaan Anda - apakah itu nirlaba atau bukan - apa yang Anda lakukan memiliki arti dan mampu membuat perbedaan.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section