1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

6 Kebiasaan di Rumah yang Bikin Bobol Gaji

Gaji Anda setiap bulan rasanya selalu tidak bisa mencukupi kebutuhan.

By Adhi 3 September 2016 11:38
Ilustrasi belanja online (eatweartravel.com)

Money.id - Anda mungkin jarang berekreasi atau jalan-jalan ke luar rumah. Tetapi anehnya, pengeluaran bulanan Anda tetap saja besar. Bahkan, gaji Anda setiap bulan rasanya selalu tidak bisa mencukupi kebutuhan.

Tentunya Anda bertanya-tanya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Padahal, Anda merasa sudah cukup berhemat dengan lebih sering menghabiskan waktu di rumah.

Nah, tahukah Anda jika ada kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab uang cepat habis meski tak ke luar rumah? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Belanja online

Anda berasalan lebih memilih belanja online karena tak harus mengeluarkan uang untuk ongkos taksi atau bensin ke mal. Tetapi percayalah, window shopping di dunia maya sama saja dengan window shopping di mal. Keduanya sama-sama membuat Anda tergoda.

Bahkan, bisa jadi Anda akan lebih mudah tergiur saat melakukan shopping di dunia maya karena banyaknya barang yang ditawarkan. Cek kembali, bisa saja selama ini Anda terlalu asyik berbelanja online sehingga tak sadar jika keungan menipis akibat hobi ini.

2. Menyalakan dan mematikan AC dalam durasi pendek

Dengan niat ingin menghemat listrik, Anda pun mematikan AC saat keluar kamar sebentar. Padahal sekitar 15 menit kemudian Anda akan kembali ke dalam kamar dan menyalakan AC kembali.

Daripada terus-menerus menyalakan dan mematikan AC, sebaiknya biarkan menyala dengan durasi yang lama. Sebab, saat menyalakan AC, listrik akan mengambil daya yang besar dan setelah beberapa waktu barulah dayanya akan berkurang. Begitu AC dinyalakan kembali.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini. (poy)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section