1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

5 Pekerjaan Paruh Waktu yang Dapat Dilakukan Anak SMA

Waktu masa SMA ternyata juga bisa digunakan untuk mencari uang sendiri dengan menjadi pekerja paruh waktu.

By Abdul Kharis 20 Mei 2016 17:09
Anak SMA (psma.kemdikbud.go.id)

Money.id - Masa remaja saat bersekolah dan berseragam putih abu-abu merupakan saat di mana Anda sedang sibuk menimba ilmu dan bermain bersama teman seumuran. Namun, masa SMA ternyata juga bisa digunakan untuk mencari uang sendiri dengan menjadi pekerja paruh waktu.

Banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang dapat dilakukan anak SMA seperti bekerja di penampungan hewan atau menjadi penjaga pameran seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Pekerjaan itu dapat dilakukan walaupun Anda masih duduk di bangku sekolah. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mempelajari tentang keuangan lebih mendalam.

Mengutip dari moneycrashers.com, Jumat, 20 Mei 2016, berikut adalah lima pekerjaan paruh waktu yang dapat dilakukan oleh para siswa SMA.

1. Penampungan hewan

Jika Anda menyukai binatang, bekerja di penampungan hewan bisa dijadikan pilihan untuk bekerja paruh waktu. Pekerjaan ini dapat dilakukan walaupun Anda masih duduk di bangku SMA.

Selain bisa mendapat pemasukan keuangan, Anda juga dapat bermain dengan hewan-hewan lucu setiap harinya.

2. Menjadi penjaga stand di sebuah pameran

Luangkanlah waktu untuk menjadi penjaga stand di acara pameran besar yang diadakan setahun sekali seperti Pekan Raya Jakarta. Anda bisa mendapatkan uang banyak dan berkenalan dengan orang banyak saat melakukan hal tersebut.

Selain itu, Anda bisa menambah pengalaman bekerja walaupun masih duduk di bangku SMA.

3. Pengasuh anak

Jikalau Anda menyukai anak kecil, bisa memberikan layanan pengasuhan anak yang dapat dilakukan walau masih SMA. Dengan melakukan hal ini, Anda akan bertanggung jawab untuk mengurus seorang anak dan mendapatkan uang.

Anda harus bisa membagi waktu saat bersekolah dan waktu untuk menjadi pengasuh anak. Pekerjaan ini masih dapat dilakukan walau Anda sibuk dengan urusan sekolah.

4. Jasa cuci mobil dan motor

Ketika Anda masih bersekolah, dapat melakukan jasa cuci mobil dan motor di rumah. Saat sedang tidak sibuk dengan urusan sekolah dapat melakukan hal ini.

Anda dapat mematok harga Rp20 ribu untuk satu mobil dan Rp10 ribu untuk satu motor. Hal ini akan menambah pemasukan uang dan mengisi waktu luang Anda sewaktu masih berseragam putih abu-abu.

5. Supir, ojek atau pengantar paket online

Anda masih duduk di bangku SMA tapi sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM)? Cobalah mendaftarkan diri untuk menjadi ojek atau driver online yang sedang populer di Indonesia saat ini.

Selain menambah penghasilan, dengan melakukan hal tersebut akan menambah wawasan dan jaringan. Setiap kali bertugas Anda akan mengenal dan berkomunikasi dengan klien yang berbeda

Remaja disarankan untuk mencari pekerjaan paruh waktu, beberapa dari pekerjaan itu mungkin tidak menghasilkan banyak uang, tapi Anda akan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga.

Selain itu, Anda juga akan belajar manajemen uang, menambah keterampilan, mencoba bekerja sebagai sebuah tim, dan profesionalisme. Anda juga akan belajar bagaimana cara untuk berhasil di dunia nyata setelah lulus SMA.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section