1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Jika Ingin Cepat Kaya

Anda iri melihat teman atau kerabat yang punya mobil dan rumah sendiri, sering bergonta-ganti tas, baju, atau sepatu mahal? Anda bisa asal...

By Dwifantya Aquina 5 Juni 2016 10:49
Ilustrasi orang kaya (Playbuzz.com)

Money.id - Bagi kamu yang merasa sulit memenuhi kebutuhan finansial, coba tengok sekitarmu. Mungkin kalau melihat teman atau rekan kerja yang punya mobil dan rumah sendiri, sering bergonta-ganti tas, baju, atau sepatu, atau memamerkan liburan ke berbagai tempat yang jauh, itu sudah biasa. Tapi, adakah orang-orang yang tampaknya hidup biasa-biasa atau sederhana tapi seolah kebutuhannya tetap terpenuhi?

Pada dasarnya, orang yang tampak kaya di luar belum tentu benar-benar kaya secara finansial. Sebaliknya, orang yang tampak sederhana juga tidak berarti hidupnya tidak kaya secara finansial. Kita tidak akan tahu kecuali mereka sendiri yang menceritakannya. Lalu, apakah kamu ingin menjadi seperti mereka yang bisa kaya secara finansial?

Simak 5 macam kebiasaan yang perlu dihindari kalau kamu ingin jadi kaya sungguhan:

1. Selalu mengeluh atau mencari kambing hitam
Kebiasaan mengeluh merupakan salah satu kebiasaan yang melekat di masyarakat jaman sekarang. Berbagai kemudahan yang ditawarkan di jaman modern membuat orang menjadi lebih mudah bermanja, dan mereka akan mudah mengeluh ketika harus menghadapi sesuatu yang sulit atau mengeluarkan sedikit usaha untuk berubah ke arah yang lebih baik. Belajarlah mencari solusi atas suatu masalah, bukan fokus pada apa yang salah dan terus menyalahkan sumber masalah tersebut.
Baca juga: 5 Tips Cerdas Agar Pengajuan Kredit Elektronik Mudah Disetujui

2. Tidak mau kalah
Tidak mau kalah di sini diberikan untuk konteks gengsi. Karena tidak ingin disebut sebagai orang pelit atau dipandang sebagai ‘orang susah’, banyak orang yang menjaga gengsi mereka dengan mengadopsi gaya hidup orang kaya meski penghasilan mereka tidak setinggi itu. Gengsi tidak dapat membuat orang menjadi kaya karena membuat kamu menjadi boros. Jika kamu tidak bisa menahan diri, maka kamu akan sulit untuk menjadi orang kaya sungguhan.
Baca juga: 5 Tips Cerdas Mengelola Keuangan Menyambut Bulan Ramadhan

3. Kurang disiplin
Disiplin keuangan merupakan salah satu kunci untuk menjadi kaya. Jika kamu tidak disiplin dalam melunasi hutang kartu kredit misalnya, kamu akan mudah terkena denda sehingga uang yang kamu keluarkan justru semakin banyak. Biasakan disiplin agar kamu bisa lebih berhemat dan menjadi kaya.
Baca juga: 4 Langkah Mempersiapkan Mudik Tanpa Menggunakan Pinjaman

4. Malas atau tidak konsisten
Kebiasaan malas dapat menjadi satu faktor penting yang menghalangi kamu dari jalan kesuksesan dan kekayaan. Seseorang yang malas berusaha atau malas mencari tahu cara yang benar untuk hidup hemat akan sulit untuk menjadi kaya. Selain itu, belajarlah konsisten saat melakukan sesuatu. Kesuksesan tidak dapat diraih dalam semalam, dan kamu perlu konsisten untuk terus berusaha mencapainya.

5. Tidak memiliki visi
Salah satu kunci orang sukses adalah memiliki suatu tujuan jangka panjang yang ingin dicapai di hidup mereka. Ketika kamu memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan jangka panjang tersebut, kamu akan lebih terdorong untuk berusaha mencapai kesuksesan tersebut. Tidak punya tujuan jangka panjang akan menyebabkan kamu tidak memiliki arah yang jelas untuk berhemat.

Jika kamu punya tujuan untuk pensiun dini dan memiliki usaha sendiri, mulailah dari sekarang untuk membuat rencana cara mencapainya. Kamu bisa coba memanfaatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk mulai pelan-pelan bisnis kamu. Pastikan arus kas kamu cukup lancar untuk dapat melunasi cicilan KTA tersebut.

Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id agar kamu dapat menemukan produk KTA yang tepat sesuai kebutuhan kamu.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section