1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Hal yang Penting Diketahui Agar Untung Saat Berinvestasi

Investasi bisa sangat menyenangkan, mudah sekaligus menguntungkan. Tapi Anda tetap harus cermat.

By Dwifantya Aquina 2 November 2016 13:08
Investasi penting untuk masa depan (Huffingtonpost.com)

Money.id - Bagi sebagian orang, berinvestasi adalah hal yang rumit dan tidak terjangkau. Padahal, faktanya justru sebaliknya. Investasi bisa sangat menyenangkan, mudah sekaligus menguntungkan. Bagi Anda yang berniat berinvestasi atau sudah memulai, 5 hal ini harus diperhatikan agar investasi yang Anda miliki membuahkan untung berlipat seperti dikutip CekAja.com:

Ketahui apa tujuan investasi Anda

Anda selalu merasa tidak pernah untung saat berinvestasi. Hal itu bisa terjadi karena Anda tidak punya tujuan dalam berinvestasi. Instrumen investasi untuk pensiun jauh berbeda dengan instrumen investasi untuk kebutuhan pendidikan anak. Jika tertukar, bukan meraih untung Anda justru bisa mengalami kerugian. Ini adalah hal pertama yang harus Anda jawab sebelum mulai berinvestasi. (Baca juga: 5 Cara yang Bikin Nafsu Makan si Kecil Meningkat)

Ketahui tengat waktu investasi Anda

Semakin lama jangka waktu investasi, semakin besar untung yang kita peroleh. Hal ini berlaku untuk hampir semua instrumen investasi, terlebih saham. Bila Anda berinvestasi saham hanya untuk waktu kurang dari 5 tahun dan mengharapkan imbal hasil maksimal, Anda akan kecewa. Horison waktu terbaik untuk investasi, apapun instrumennya adalah lima tahun. Bahkan tidak sedikit orang yang membuat rencana investasi untuk 10 tahun bahkan 30 tahun ke depan.

Ketahui profil Anda

Bila Anda adalah orang yang konservatif untuk urusan finansial, maka saham bukan instrumen investasi yang cocok untuk Anda. Begitupun sebaliknya, jika Anda adalah tipe orang yang agresif, instrumen investasi seperti obligasi dan deposito kurang tepat untuk Anda miliki. Sebelum memulai berinvestasi, kenali dulu diri Anda. Lakukan penilaian apakah Anda termasuk tipe yang agresif, moderat atau malah konservatif.

Ketahui cara memilih instrumen investasi

Hal yang paling sulit dalam berinvestasi adalah memilih instrumen yang tepat. Apalagi jika Anda tergolong awam untuk urusan investasi. Sebab, produk investasi sangat banyak. Begitupun pihak yang menawarkannya. Bila Anda tidak punya pengetahuan yang cukup, tahapan satu ini bisa sangat memusingkan. Nah, bila ANda tidak ingin repot dan memaksakan diri, tidak ada salahnya meminta bantuan profesional. Ada banyak perencana keuangan independen yang bisa membantu Anda memilih instrumen investasi, bahkan membuat perencanaan keuangan khusus untuk Anda.

Ketahui ilmu dasar berinvestasi

Meski ada profesional yang bisa membantu Anda, lebih baik jika Anda juga memahami dasar ilmu investasi. Hal ini penting agar Anda juga dapat menyamakan persepsi dengan perencana keuangan yang membantu Anda. Untuk mempelajari investasi saat ini mudah. Anda bisa berlangganan surat kabar atau membaca portal dan blog finansial yang tersebar di dunia maya. Cukup lewat smartphone kasayangan Anda, informasi yang Anda butuhkan seputar investasid an keuangan bisa didapatkan dengan mudah.

(Baca juga: Ibu Rumah Tangga Ingin Bantu Tambah Pemasukan? Ini Bisnis Modal Kreativitas yang Cocok untuk Kamu)

Baca Juga

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section