1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri

Penting bagi Anda yang bisnisnya mulai merambah mancanegara. Jangan sampai tak tahu cara transfer uang yang efisien ke luar negeri.

By Dwifantya Aquina 9 Mei 2016 13:31
Ilustrasi transfer uang ke luar negeri (glamour.com)

Money.id - Belum banyak orang mengetahui cara transfer uang ke luar negeri, padahal di waktu-waktu tertentu hal ini sangat penting. Misalnya, ketika kerabat yang sedang sekolah di luar negeri tiba-tiba membutuhkan uang tambahan.

Begitu pula ketika bisnis Anda sudah mulai menjangkau luar negeri, maka wajib bagi Anda mengetahui cara transfer yang tepat. Setiap melakukan transfer ke luar negeri, Anda membutuhkan swift code.

Swift code merupakan kode unik yang masing-masing bank memilikinya, adapun jumlah karakternya terdiri dari 8 atau 11 digit.

Berikut beberapa cara mentransfer uang ke luar negeri yang aman dan mudah.

1. Western Union

Western Union sudah banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia, jumlahnya sekitar 18.000 agen yang tersebar di seluruh tanah air. Anda bisa bisa menemui Western Union di Pegadaian, Indomaret, JNE, dan sejumlah bank di Indonesia seperti BII, BRI, Bank Danamon, BTN, Bank DKI, Bank Syariah Mandiri, dan lainnya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni mengunjungi ahen Western Union terdekat, kemudian isi formulir pengiriman uang. Seluruh informasi pada formulir diisi dengan menggunakan bahasa Inggris dan huruf kapital. Kemudian setelah semua formulir terisi lengkap, berikan formulir beserta uang yang akan dikirim, dan juga biaya pengiriman yang telah dipastikan. Jangan lupa perlihatkan kartu identitas Anda (KTP/SIM) yang masih berlaku kepada agen.

Setelah itu tanda tangani terima bukti transaksi pengiriman dari Western Union berupa Money Transfer Control Number (MTCN) yang bisa digunakan untuk melacak status pengiriman uang melalui website Western Union.

Meskipun Western Union cepat dan dapat diandalkan, servis ini salah satu yang termahal, terutama untuk jumlah yang lebih kecil (misalnya di bawah Rp10 juta). Kadang biayanya bisa mencapai 11% dari uang yang dikirim untuk transaksi yang kecil. Kalau di atas Rp10 juta, biayanya mencapai 4,5% dari uang yang dikirim, tergantung juga pada jumlah yang ditransfer.

2. MoneyGram

MoneyGram dianggap sebagai alternatif yang lebih murah dari Western Union, dengan cara operasional yang mirip.

Anda harus membawa kartu identitas dan uang tunai yang akan ditransfer ke agen MoneyGram (CIMB, BCA, Mutiara Bank, Arthapos, Adisdena, Bank Mega), mengisi formulir, bayar biaya dan mendapat bon dengan nomor referensi, dan pihak MoneyGram akan mengabari Anda ketika uang sudah terkirim. Setelah itu, penerima tinggal mengambilnya di agen negara tujuan, dengan nomor referensi dan kartu identitas.

3. Paypal

Anda mungkin pernah mendengar Paypal sebagai sistem pembayaran ketika belanja online, tapi transfer uang sebenarnya juga bisa dilakukan melalui Paypal. Hanya saja transfernya tidak instan karena tidak ada ATM atau agen Paypal di tempat menarik uangnya–melalui Paypal, uangnya akan dikirim ke rekening bank lokal–dan bisa jadi jatuhnya lebih mahal dari Western Union.

Di negara lain seperti Amerika Serikat, Anda bisa transfer uang langsung ke rekening Paypal Anda, tapi hal ini sayangnya tidak berlaku di Indonesia. Jadi Anda harus menyambungkan sebuah kartu debit atau kredit dengan rekening Paypal. Untuk transfer uang menggunakan kartu kredit/debit, ada biaya administrasi sebesar 3,9% + US$0,30/SDG 0,50. Ada juga biaya tukar kurs sebesar 3,5% untuk US$ dan 4% untuk SGD.

Selain itu, kalau Anda mengirim US$ ke Singapura tapi Anda menariknya dalam bentuk SGD, ada tambahan biaya lagi sebesar 2,5%. Jadi secara total, biaya transaksi bisa melebihi 10%. Selain itu, Anda akan membayar SGD 1 kalau uang yang ditarik kurang dari SGD 200. Akhirnya, semua ini akan berlangsung selama 5-7 hari kerja.

4. SMS banking

Anda juga bisa mentransfer melalui SMS banking. Hal pertama yang harus dilakukan Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Kemudian transfer dengan menggunakan format yang telah ditentukan. Untuk melakukan transfer dengan menggunakan SMS banking pastikan nomor rekening tujuan sudah benar. Lalu jangan lupa untuk melakukan cek ulang di akhir transaksi.

5. ATM

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan fasilitas ATM, lakukan transfer yang dengan aman sesuai dengan cara yang telah ditentukan. Namun, Anda perlu tahu berapa biaya debet yang dikenakan oleh bank. Karena masing-masing bank menerapkan biaya transfer ke luar negeri yang berbeda. Simpan bukti transfer dan hubungi orang yang menerima transfer tersebut. Teliti kembali jumlah dan nomor rekening tujuan, serta bank tujuan si penerima.

Selamat mencoba!

(berbagai sumber)

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section