1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Tips Cerdas Kelola Arus Kas Keuangan di Bulan Ramadan

Jangan sampai tabungan bobol di bulan Ramadan.

By Dwifantya Aquina 10 Juni 2016 13:02
Ilustrasi mengelola keuangan (Pixabay)

Money.id - Indonesia dan seluruh penduduk Muslim di dunia sudah memasuki bulan Ramadan. Tentunya saat memasuki bulan ini, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan secara lahir maupun batin. Bagi keperluan secara jasmani seperti persiapan buka, sahur, perlengkapan ibadah, mudik, dan sebagainya; tentunya kamu tetap membutuhkan uang dong.

Supaya kamu bisa tetap berhemat selama Ramadan, simak 4 tips cerdas mengelola arus kas keuangan saat bulan Ramadan berikut ini:

1. Ubah anggaran belanja khusus Ramadan

Ubah pola alokasi belanja bulanan kamu. Kamu bisa menurunkan anggaran makan di luar dan akhir pekan, namun kamu mungkin perlu menambah anggaran untuk membeli snack, bahan makanan untuk sahur, ataupun obat sakit maag. Jika kamu bisa lebih hemat dari biaya bulanan biasa, maka kamu bisa alokasikan penghematan tersebut untuk keperluan Lebaran yang lain.
Baca juga: 7 Uang Kertas dengan Nominal Terbesar di Dunia

2. Mengelola zakat

Baik zakat Fitra maupun zakat Maal sebaiknya sudah mulai dialokasikan sejak dini agar budget bulanan yang kamu siapkan sebelumnya tidak terganggu. Pisahkan pengeluaran zakat di rekening yang berbeda dari sehari-hari atau simpan secara tunai di rumah di tempat yang aman. Kamu bisa menyalurkan ke badan amal zakat atau masjid segera saat memasuki bulan Ramadan untuk mencegah kemungkinan terpakainya uang tersebut.

3. Mempersiapkan pakaian baru

Baju baru seolah sudah menjadi suatu tradisi setiap musim Lebaran tiba. Sebenarnya, kamu bisa menggunakan pakaian Lebaran lama yang jarang digunakan agar tetap terlihat fresh karena kebanyakan orang tidak akan menyadari kalau baju yang kamu kenakan sebenarnya baju lama yang jarang digunakan. Jika kamu tetap ingin memaksakan membeli baju baru, belanjalah sebelum memasuki masa Lebaran untuk lebih hemat.
Baca juga: 5 Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadan

4. Persiapan parcel Lebaran

Untuk bingkisan Lebaran, cara paling umum untuk menghematnya adalah dengan membuat sendiri parcel tersebut. Harganya bisa jauh lebih murah daripada kamu membeli sendiri di pusat perbelanjaan atau supermarket. Jika kamu memang tidak sempat membuatnya sendiri, belilah parcel Lebaran sebelum masuk musim Lebaran untuk mendapat harga diskon dan menghindari antrian sesak di pusat perbelanjaan.
Baca juga: 4 Tips Mudah Agar Tidak Gampang Termakan Iklan Cicilan Kartu Kredit

Agar pengelolaan keuangan kamu bisa terjaga dengan baik selama bulan Ramadhan, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai promo dari kartu kredit. Carilah kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhanmu melaui situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section