1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

4 Ide Bisnis di Bulan Ramadan yang Menjanjikan

Ramadan juga dirasa tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

By Dian Rosalina 7 Juni 2016 13:15
Ilustrasi Bisnis di Bulan Ramadan (www.saverah.com)

Money.id - Selain penuh pahala, Ramadan juga dirasa tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Banyak peluang usaha yang bisa dilakukan di bulan puasa ini, loh.

Berikut ini, Money.id mencoba merangkum beberapa ide bisnis yang bisa jadi referensi untuk Anda di Ramadan ini. Berikut ulasannya.

Bisnis busana muslim

Bulan puasa banyak orang berbondong-bondong membeli baju muslim untuk kepentingan shalat tarawih atau bahkan shalat Ied. Memulai bisnis busana muslim merupakan ide bisnis yang tepat untuk saat ini.

Bila Anda memiliki relasi dengan supplier baju muslim atau bahkan bisa memproduksi baju sendiri, manfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan. Yang penting, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari apa yang sedang tren di masyarakat saat ini.

Bisnis kuliner

Bisnis ini bisa dibilang sebagai bisnis yang paling menguntungkan di bulan puasa. Anda bisa memulai bisnis ini dari yang sederhana seperti menu takjil untuk buka puasa, bahkan menu untuk sahur.

Selain itu, meningkatnya acara-acara buka puasa bersama juga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha katering. Gunakan bahan baku makanan yang berkualitas dengan harga yang murah. Itu bisa menarik perhatian pelanggan.

Kue dan parcel Lebaran

Kue-kue kering yang tersaji di saat lebaran memang sajian wajib untuk para sanak keluarga yang berkunjung. Bila Anda pandai membuat kue dan memiliki peralatan di rumah, daripada hanya menganggur lebih baik mulai buat kue-kue tersebut, dan coba menjualnya.

Bisa di pinggir jalan, ikut kelompok-kelompok bisnis, dijual kepada teman kantor, atau memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi yang efektif sekarang ini.

Selain itu, jika Anda juga mempunyai kreativitas tinggi, peluang bisnis parcel dan bingkisan Lebaran bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan loh. Semakin eksklusif Anda membuatnya, semakin mahal yang bisa Anda tawarkan.

Bisnis reservasi tiket mudik

Momen Ramadan dan Idul Fitri sering dimanfaatkan untuk pulang kampung dan melepas rindu kepada sanak keluarga. Tak heran, tiket mudik kini mulai diburu pembeli, bahkan bisa ludes jauh hari sebelum Lebaran.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis reservasi tiket. Selain mengumpulkan pundi-pundi uang, Anda pun juga ikut membantu mereka yang ingin pulang kampung bertemu keluarga. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section