1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

4 Hal yang Sering Bikin Orang Jatuh Miskin

Ada beberapa faktor utama yang lebih sering memakan korban.

By Dwifantya Aquina 17 Maret 2017 09:02
Ada beberapa faktor yang dapat membuat Anda jatuh miskin (thomrainer.com)

Money.id - Orang bisa jatuh miskin karena banyak hal. Tapi, ada beberapa faktor utama yang lebih sering memakan korban. Dengan mengetahui alasannya, kita dapat mencegah terjadinya keterpurukan finansial.

Untuk itu, ketahui 4 hal yang sering bikin orang miskin berikut ini, seperti dikutip dari CekAja.com.

Sakit

Kesehatan adalah harta yang ternilai. Kehilangan kesehatan sama saja halnya dengan kehilangan kekayaan dalam jumlah besar. Sebab, selain kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan, sakit juga membutuhkan biaya mahal untuk pengobatannya.

Untuk itu, olahraga secara rutin dan mengontrol makanan adalah keharusan yang tidak bisa ditawar. Sebab, dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda sebenarnya menurunkan potensi terserang penyakit berbahaya. Ingat, semakin berbahaya penyakit, semakin terancam pula kondisi keuangan Anda.

(Baca juga: Langkah-langkah Mengajukan KPR Secara Online)

Stres

Salah satu penyebab orang jatuh miskin adalah stres. Sebab, orang yang mengalami stres sangat mudah jatuh sakit. Untuk menangkal stres sebenarnya tidak butuh mengeluarkan banyak biaya. Banyak hal sederhana dan murah efektif menangkal stres. Contohnya seperti mendengarkan musik, menjalani hobi yang Anda sukai atau sekadar berkumpul dan bercakap-cakap dengan keluarga atau orang yang Anda sayangi.

Tidak bisa menabung

Bila Anda tidak bisa menabung, Anda sebenarnya sedang menuju kehancuran. Mungkin, saat ini Anda tidak merasakan kehancuran tersebut. Namun, di masa depan kondisi finansial Anda pasti akan mengalami kehancuran. Bila Anda tidak ingin hidup miskin di masa depan, cobalah untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung. Mulailah dari jumlah yang kecil, misalnya 10% atau 15% dari penghasilan yang Anda terima setiap bulannya.

Gengsi tinggi

Orang yang memiliki gengsi tinggi cenderung mudah jatuh dalam kemiskinan. Apalagi jika gengsi tersebut tidak didukung dengan penghasilan yang memadai. Anda bisa saja menopang gaya hidup Anda dengan utang. Namun, Bila Anda tidak mampu membayar cicilannya, banyak hal buruk yang bisa terjadi. Yang paling parah, harta benda Anda akan disita sebagai ganti cicilan utang.

(Baca juga: Terungkapnya 8 Mitos Tentang Kesehatan Wanita)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section