1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

4 Hal Tentang Uang yang Wajib Diketahui Suami Istri

Tidak sedikit pasangan yang bertengkar karena masalah sepele tentang uang.

By Abdul Kharis 14 Mei 2016 07:47
Ilustrasi pasangan suami istri (reallifekorea.blogspot.com)

Money.id - Pertengkaran bagi suami istri adalah hal yang wajar. Namun, tidak sedikit pertengkaran itu disebabkan masalah uang. 

Sebenarnya, Anda dapat menghindari pertengkaran karena uang di dalam rumah tangga. Hal itu dapat diantisipasi, misalnya dengan membicarakan tentang masalah pembayaran tagihan.

Jangan sampai pertengkaran karena uang terjadi dalam rumah tangga Anda. Segera proteksi rumah tangga Anda dengan mengetahui hal-hal tentang uang yang sering membuat pertengkaran antar pasangan.

Mengutip dari newlyweds.about.com, Jumat, 12 Mei 2016, berikut adalah empat hal tentang uang yang harus diketahui pasangan agar tidak terjadi 'baku hantam' dalam rumah tangga.

1. Penanganan tagihan

Saat berumah tangga, banyak tagihan yang harus diperhatikan. Seperti tagihan listrik, air, dan belum lagi cicilan kepemilikan rumah (KPR) atau kendaraan.

Ajaklah pasangan untuk diskusi tentang pembayaran tersebut, hal ini dilakukan untuk menghindari pertengkaran yang bisa saja terjadi dalam rumah tangga Anda.

2. Pengeluaran dan tabungan

Dua sejoli mungkin memiliki ide yang berbeda tentang menghabiskan dan menyimpan uang. Anda mungkin hemat, sedangkan pasangan lebih boros saat menggunakan uang.

Hal ini sering menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga. Untuk mengatasinya, segerelah bicarakan tentang uang yang dikeluarkan dan akan ditabung dengan pasangan Anda.

3. Perselingkuhan keuangan

Seringkali Anda tidak memberitahukan pengeluaran keuangan saat membeli barang mahal yang diinginkan terhadap pasangan. Hal ini bisa membuat keributan besar dalam rumah tangga Anda bila pasangan mengetahui hal tersebut.

Cara menanganinya adalah membuat pasangan Anda mengerti dan mengizinkan membeli barang tersebut. Lakukanlah hal ini, jangan sampai terjadi perselingkuhan keuangan dalam rumah tangga Anda dan menyebabkan keretakan dalam hubungan dengan pasangan.

4. Anak-anak dan uang

Banyak pasangan yang berbeda pendapat saat mengurus anaknya. Mungkin Anda menginginkan pelajaran keuangan yang baik kepada anak dengan tidak memanjakannya, berbeda dengan pasangan Anda yang ingin memanjakannya.

Hal ini harus dibicarakan matang-matang, cari cara terbaik untuk mendidik anak Anda dalam hal keuangan.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section