1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Hal Buruk Jika Menunggak Utang Kartu Kredit

Anda suka sekali menggesek kartu kredit tanpa memperhatikan limit. Sadar kah hal itu akan menghantui Anda?

By Dwifantya Aquina 10 Mei 2016 19:12
Ilustrasi pasangan yang dilanda masalah keuangan (thedebtlady.com)

Money.id - Salah satu alternatif alat bantu transaksi yang cukup populer di masyarakat selain uang tunai adalah kartu kredit. Berbeda dengan kartu debit, kamu bisa memakai kartu kredit untuk melakukan transaksi tanpa memedulikan saldo rekening bank kamu tersisa berapa. Yang penting, limit kartu kredit kamu masih cukup untuk melakukan transaksi selanjutnya.

Nah, kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit ini bisa berbalik menjadi musibah bagi orang yang tidak begitu paham aturan penggunaan kartu kredit atau orang yang sulit mengelola keuangannya sehingga boros memakai kartu kredit. Misalnya, cenderung melunasi minimum payment saja dan akibatnya utang kartu kredit menumpuk.

Sebaiknya, mulailah memahami aturan penggunaan kartu kredt serta belajar mengelola keuanganmu. Jika tidak, inilah 4 akibat menyebalkan yang ditanggung saat menunggak utang kartu kredit:

1. Dikejar-kejar penagih utang

Nah ini tentunya salah satu konsekuensi yang paling tidak mengenakkan. Bank bisa jadi mengirimkan penagih utang alias Debt Collector untuk menagih langsung pelunasan utangnya dari kamu. Mending kalau penagih yang datang masih baik-baik dan bisa diajak berbicara. Kalau yang datang sifatnya galak dan kurang sopan, usahakan untuk berkepala dingin dan jangan kabur. Jelaskan situasinya dan cobalah bernegosiasi dengan pasti bagaimana kamu akan melunasi utang kamu.

Baca juga: 6 Langkah Sederhana Dalam Membuat Budget Bulanan yang Mudah

2. Perlu menanggung beban bunga yang tinggi

Beban bunga yang tinggi merupakan konsekuensi pertama yang paling jelas terlihat saat menunggak utang kartu kredit. Semakin lama kamu melunasi utang, semakin besar pula bunga yang akan dikenakan atas utang kamu. Pastikan agar kamu selalu melunasi utang kamu secara penuh (bukan minimum payment) dan jangan belanja melebihi kemampuan kamu.

3. Ada beban hati yang berat karena menunggak utang

Ketika kamu akhirnya sadar bahwa kamu sudah menunggak utang kartu kredit, pikiran kamu akan lebih mudah terkena beban psikologis yang berat. Ada rasa bersalah karena munculnya utang yang cukup banyak dan ini tentunya dapat mengganggu pekerjaan dan kegiatan sehari-hari kamu.

Ini bisa berdampak pada stress berat yang tentunya akan mempengaruhi kesehatan kamu juga. Tenangkan dirimu secara perlahan dan mulailah mencari jalan keluar untuk melunasi utangmu.

Baca juga: Ingin Punya Rumah Sendiri? Ikuti Tips Persiapannya!

4. Masuk daftar hitam BI

Yang ini merupakan konsekuensi jangka panjang. Kalau kamu sampai masuk daftar hitam di Bank Indonesia, bisa jadi kamu tidak akan pernah bisa mengajukan lagi kartu kredit ataupun produk pinjaman lain dari bank. Oleh karena itu, jika sampai terlanjur menunggak utang, buatlah rencana untuk melunasinya dalam jangka waktu yang secepatnya. Mulailah dari utang yang bunganya lebih tinggi untuk menghentikan proses menumpuknya utang bunga.

Baca juga: Inilah 4 Alasan Utama Kenapa Orang Malas Membuat Budget!

Gunakan kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu untuk berhemat dan mencegah pemborosan. Manfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section