1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

3 Strategi Hemat Jutaan Rupiah untuk Beli Smartphone Canggih

Smartphone termasuk ke dalam kategori barang konsumtif sehingga kurang tepat kalau kita membelinya dengan pinjaman.

By Dwifantya Aquina 10 Maret 2016 11:23
Ilustrasi smartphone idaman (Pixabay)

Money.id - Smartphone atau ponsel pintar seakan sudah melekat di kehidupan sehari-hari masyarakat perkotaan. Berbagai macam aplikasi di smartphone sudah terbukti dapat membantu urusan sehari-hari.

Memiliki smartphone canggih dengan merek beken tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Sayangnya, sebagian orang mudah ‘kalap’ dan mencari jalan pintas untuk memperoleh smartphone yang diinginkannya seperti berutang kesana-sini.

Kecuali digunakan untuk operasional bisnis, smartphone termasuk ke dalam kategori barang konsumtif sehingga kurang tepat kalau kita membelinya dengan pinjaman.

Agar Anda bisa membeli smartphone sendiri dengan cara menabung, simak tiga strategi berhemat untuk menambah tabungan Anda sebelum membeli smartphone baru.

1. Bikin bekal sendiri

Tenang saja kalau Anda tidak bisa memasak. Beberapa makanan dan lauk yang umum Anda makan seperti nasi dan telur rebus sangat mudah untuk dimasak tanpa perlu keahlian memasak. Dengan membeli beras dan telur sendiri untuk dimasak per bulan, kamu cukup membeli lauk pauk saja setiap jam makan siang atau saat makan malam. Jika digabung, nasi dan telur cukup memiliki harga yang lumayan tinggi untuk dihemat.

Kamu dapat menghemat hingga Rp5 ribu setiap kali makan. Jika ini dilakukan sepanjang bulan dan setiap makan siang dan makan malam, kamu dapat menghemat hingga Rp300 ribu per bulan atau setara dengan Rp3,6 juta per tahun. (Baca juga: Simak Strategi Makan Besar Hemat di Restoran dengan Kartu Kredit!)

2. Belanja dalam ukuran besar atau masal (grosir)

Strategi yang satu ini dapat memberikan penghematan lumayan besar kalau Anda dapat menerapkannya dengan benar. Biasanya di supermarket, Anda akan sering menjumpai harga produk yang ukurannya lebih besar memiliki harga per liter atau per Kg yang lebih murah dibandingkan produk yang ukurannya lebih kecil. Sebagai contoh, Anda dapat melihat bahwa sabun cair ukuran 100 mL memiliki harga Rp10 ribu, namun untuk yang ukuran 200 mL memiliki harga Rp18 ribu.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan promosi semacam “buy 2 get 1”. Anda bisa mengajak teman yang sedang butuh produk tersebut untuk berbelanja bersama. Kalau untuk dikonsumsi sendiri, pastikan produk tidak akan kedaluarsa dalam waktu dekat dan akan habis dikonsumsi oleh Anda.

Jika Anda melakukan ini untuk kebutuhan sehari-hari, maka Anda dapat berhemat hingga Rp200 ribu per bulan untuk jumlah kosumsi yang sama per bulan. Bukan itu saja, Anda juga menghemat waktu karena tidak perlu sering berbelanja. Total penghematan yang Anda peroleh bisa mencapai 2,4 juta per tahun, dengan bonus penghematan waktu. (Baca juga: Simak 7 Rahasia Belanja Hemat Rumah Tangga Berikut!)

3. Ubah kebiasaan menonton di bioskop

Jika Anda sering menonton seminggu sekali di akhir pekan, tidak ada salahnya menahan sedikit keinginan Anda menjadi menonton dua minggu sekali. Anda bisa hemat hingga Rp100 ribu per bulan atau Rp1,2 juta per tahun.

Alternatif lain, Anda dapat menggunakan kartu kredit yang memiliki promo Buy 1 Get 1. Kamu dapat mengajak teman atau pasangan untuk menonton bersama setiap minggu, dan jumlah penghematan yang dilakukan tetap berada di tingkat Rp100 ribu per bulan.

(Baca juga: Mau Ganti Hobi Dari Nonton Jadi Punya Pets? Simak 7 Tips Hemat Pelihara Pets!)

Kartu kredit memang berguna untuk dimanfaatkan untuk mendapat penghematan kalau Anda cerdas menggunakannya. Nah, sekarang Anda sudah mengetahui strategi untuk membeli smartphone incaran Anda, mulailah memilih kartu kredit yang tepat untuk melakukannya.

Bandingkan beberapa produk kartu kredit untuk mencari yang paling tepat sesuai kebutuhan kamu bersama HaloMoney.co.id, situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section