1. HOME
    2. FINANCE
FINANCE

Ingin Ikut Asuransi Sesuai Prinsip Islam, Lihat 3 Produk Syariah Ini

Perusahaan asuransi konvensional di Indonesia yang membuat produk syariah antara lain Prudential, AIA, dan Allianz.

By Abdul Kharis 15 Juni 2016 08:49
Ilustrasi produk syariah (nytimes.com)

Money.id - Produk asuransi syariah saat ini sudah banyak di Indonesia. Bahkan ada beberapa perusahaan asuransi konvensional yang menawarkan produk berbasis sistem Islam tersebut.

Perusahaan asuransi konvensional yang membuat produk syariah antara lain Prudential, AIA, dan Allianz.

Perlu diketahui, asuransi syariah dan konvensional memiliki perbedaan mendasar dari sisi manajemen risiko.

Asuransi syariah menggunakan azas saling menanggung risiko sedangkan asuransi konvensional menggunakan azas pengalihan risiko.

Di asuransi konvensional, hubungan pemegang polis dan perusahaan asuransi dinamakan hubungan tertanggung dan penanggung, di mana pemilik polis mengalihkan risiko finansial kepada perusahaan asuransi, sehingga kepemilikan dana berpindah dari pemilik polis ke perusahaan asuransi.

Jika timbul risiko, maka perusahaan asuransi menanggungnya karena risiko telah berpindah sebagai konsekuensi dari pembayaran premi. Inilah yang disebut dengan azas pengalihan risiko.

Berbeda dengan asuransi syariah, hubungan peserta dengan perusahaan asuransi saling menanggung risiko, di mana peserta bersama-sama dan sukarela mengumpulkan dana dalam bentuk iuran kedalam rekening Tabarru’. Sehingga kepemilikan dana iuran tetap melekat pada peserta.

Nah, jika timbul risiko, maka peserta sendirilah yang akan membayar klaim atas risiko tersebut dari dana Tabarru’. Inilah yang disebut dengan azas saling menanggung risiko.

Baca tiga produk syariah di halaman berikutnya

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section