1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Tiga Kesalahan Fatal Ketika Menyiapkan Dana Pensiun

Kesalahan ini bersifat umum, siapa pun dapat melakukannya.

By Abdul Kharis 1 April 2016 16:01
Ilustrasi orang tua gagal menyiapkan dana pensiun (www.theregister.co.uk)

Money.id - Ada tiga kesalahan fatal yang dilakukan masyarakat saat menyiapkan dana pensiun. Kesalahan ini bersifat umum, siapa pun dapat melakukannya.

Seperti dikutip financialplan.about.com, Jumat 1 April 2016, mungkin apa yang tampak seperti strategi yang baik bisa menjadi bumerang saat menyiapkan dana pensiun.

Untuk menghindari menjadi bagian dari krisis pensiun, penting untuk memiliki pengetahuan tentang tiga kesalahan ini.

1. Tidak mengawasi kontribusi dana pensiun Anda

Kebanyakan publik menyiapkan dana pensiun tanpa mengawasi kontribusinya. Mulailah mengawasi kontribusi dana pensiun Anda.

Pengawasan penting, karena Anda juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan atau mengejar dana pensiun. Ingatlah, bahwa beberapa rencana keuangan di masa muda memungkinkan meningkatkan dana pensiun Anda.

2. Biaya kelebihan dalam dana pensiun

Saat menyiapkan dana pensiun seringkali diadakan biaya-biaya administrasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyimpan dana pensiun di tempat yang memiliki biaya adminstasi murah dan tidak memiliki banyak biaya tambahan.

Disarankan untuk berinvestasi saja, bisa melalui reksadana ataupun saham. Untuk mengikuti reksadana hanya diperlukan biaya mulai dari Rp250 ribu.

3. Mengambil pinjaman dari tabungan pensiun

Dalam kehidupan, mungkin Anda menemukan diri dalam situasi yang tertekan secara finansial dan merasa bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan aliran uang ekstra adalah dengan mengambil uang dari dana pensiun.

Ini kesalahan fatal saat mengumpulkan dana pensiun, hal ini akan menyebabkan dana pensiun Anda habis tanpa disadari. Gunakanlah cara lain untuk mendapatkan aliran dana, jangan mengambil dari dana pensiun Anda.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section