1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

3 Hal tentang Uang yang Harus Dilakukan Sebelum Berhenti Bekerja

Banyak masyarakat ingin berhenti bekerja agar memiliki lebih banyak kebebasan dan memiliki penghasilan yang lebih besar.

By Abdul Kharis 30 Mei 2016 09:04
Ilustrasi karyawan kebingungan saat berhenti kerja (finance.yahoo.com)

Money.id - Membuat keputusan untuk keluar dari pekerjaan Anda adalah sebuah pilihan yang penuh dengan risiko. Banyak masyarakat ingin berhenti bekerja agar memiliki lebih banyak kebebasan dan memiliki penghasilan yang lebih besar.

Untuk mencapai hal tersebut, ada langkah-langkah tertentu untuk memastikan diri sudah siap untuk melakukannya. Sebelum berhenti bekerja, Anda harus sudah menghitung anggaran pengeluaran agar bisa menyiapkannya di masa depan.

Mengutip dari wisebread.com, Senin, 30 Mei 2016, berikut adalah tiga hal yang harus dilakukan sebelum berhenti bekerja.

1. Hitung anggaran pengeluaran

Saat berhenti bekerja, Anda tidak memiliki pemasukan keuangan seperti sewaktu bekerja. Anda harus menghitung anggaran pengeluaran selama sebulan untuk menyiapkannya.

Apabila uang sudah siap, Anda dapat menentukan mana yang menjadi prioritas dan yang tidak. Dengan melakukan hal ini akan membuat Anda lebih tenang saat mencari pekerjaan baru atau membuka bisnis baru.

2. Menabung dan siapkan dana darurat

Ketika Anda sudah memutuskan untuk berhenti bekerja, siapkanlah tabungan dan dana darurat untuk menjaga diri apabila ada keperluan mendadak di saat menganggur.

Mencari pekerjaan baru memerlukan waktu, Anda harus menyiapkan dana untuk menghadapi kebutuhan tak terduga di masa itu.

3. Buat rencana untuk mengganti gaji Anda

Nah, yang terakhir dilakukan sebelum berhenti bekerja adalah siapkan rencana untuk mengganti gaji Anda. Hal ini dilakukan untuk mengantikan posisi gaji Anda yang telah hilang.

Rencana untuk menggantikan gaji Anda dapat dilakukan dengan berwirausaha atau membuka bisnis. Siapkan rencana ini matang-matang, agar tidak terjadi masalah keuangan untuk ke depannya.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section