1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

2 Hal Penting Agar Perencanaan Keuangan Anda Sehat

Banyak orang terlena oleh keinginan.

By Abdul Kharis 16 Februari 2016 11:01
Ilustrasi uang

Money.id - Banyak orang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tidak sedikit mereka yang lupa menyisihkan uangnya untuk bekal hari esok. Padahal keduanya sangat penting untuk membentuk perencanaan keuangan yang sehat.

Hal pertama yang dilakukan agar perencanaan keuangan sehat adalah harus membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

"Banyak orang yang terlena dengan adanya keinginan. Padahal, keinginan manusia itu tidak akan ada habisnya," ucap perencana keuangan Andoko kepada www.money.id, Senin, 15 Februari 2016.

Jika seseorang selalu menuruti keinginan, biasanya mereka akan terpuruk tak peduli jumlah penghasilan yang didapat.

Andoko menuturkan, untuk yang memiliki pendapatan minim tentu menuntut pemenuhan berdasarkan keinginan adalah hal yang wajib dihindari. Prioritaskan kebutuhan yang memang benar-benar harus dipenuhi.

Keinginan bisa saja ditunda karena tidak terlalu penting, namun kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa ditunda. Kebutuhan harus dipenuhi agar kehidupan berjalan normal.

Hal kedua adalah menabung. "Menabung adalah sesuatu yang baik untuk siapapun. Terutama Anda dengan penghasilan yang pas-pasan atau minim, menabung adalah hal yang sangat bermanfaat," tutur Andoko.

Walaupun gaji minim, tentu saja menabung bisa dilakukan. Tergantung niat dan kemauan.

Jika Anda memang sudah berniat untuk bisa menabung, maka dengan rencana keuangan yang sudah tersusun bukanlah hal mustahil bisa menabung.

Manfaat menabung antara lain, selain bisa menangkal segala kebutuhan yang tidak terduga. Tabungan juga bisa Anda gunakan untuk membuat rencana keuangan yang lebih sehat. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section