1. HOME
    2. FINANCE
BANK

10 Tren Perbankan di Tahun 2016

By Abdul Kharis 9 Februari 2016 09:02
Tren Prebankan 2016

6. Bank mengenakan biaya baru atas layanan kenyamanan

Bank berada di bawah tekanan regulator dan masyarakat untuk menjaga biaya tetap rendah. Tetapi itu bukan berarti mereka tidak akan menemukan cara untuk memperoleh pendapatan dari biaya baru di 2016.

Biaya untuk layanan kenyamanan, seperti memeriksa deposito jarak jauh dan pembayaran dipercepat mengisi daftar puncak biaya konsumen baru yang akan hadir di tahun mendatang.

Menurut Vielehr, "Mantra bank adalah nasabah harus membayar untuk kenyamanan."

7. Online banking tetap populer tapi tak bisa menggantikan bank cabang

Gonzalez mengatakan online banking akan semakin populer karena biaya tarifnya yang lebih murah. Namun bank cabang masih sangat diperlukan.

Sebuah laporan Federal Deposit Insurance Corp tahun lalu menemukan bahwa mengunjungi teller tetap merupakan cara yang paling umum bagi orang untuk mengakses rekening mereka.

8. Pembayaran mobile masih mencari bentuknya

Meski digempur iklan tentang manfaat melimpah dari layanan seperti Apple Pay atau Android Pay, hanya 22 persen dari pengguna smartphone yang melakukan pembayaran mobile dengan perangkat mereka pada tahun 2014.

9. Bank regional mulai mengadopsi cek mobile

"Sebelum beberapa tahun yang lalu, orang-orang harus pergi ke bank cabang untuk mengurus cek," kata Vielehr.

Kemampuan untuk menyimpan atau mencairkan cek secara mobile ini terbatas untuk bank-bank besar nasional, tetapi layanan ini akan meluas di tahun mendatang. Gonzalez memperkirakan bank regional mulai siap untuk mengadopsi teknologi ini dalam 12 bulan ke depan.

10. Kartu kredit chip mulai menunjukkan aksinya

Teknologi lain yang akhirnya mungkin siap untuk tampil lebih menonjol adalah kartu chip. Meski banyak bank beralih ke kartu chip tahun lalu, Anda mungkin belum melihat sesuatu yang berbeda di kasir, bahkan jika Anda memiliki kartu baru.  (dhi)

(a/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section