1. HOME
  2. STYLE & LOOK
TIPS DAN TRIK

Yuk, Coba Tips Merawat Kebaya dari Asri Welas

"Gunain sabun yang Ph-nya rendah, terus dicelup-celup aja jangan disikat...."

By Rizki Astuti 7 April 2016 06:50
Asri Welas (Kapanlagi/Bayu Herdianto)

Money.id - Kebaya adalah salah satu busana wanita khas Indonesia. Biasanya kebaya dikenakan untuk menghadiri acara formal. Sehingga membuat Anda terlihat lebih elegan dan cantik.

Kebaya biasanya terbuat dari bahan brukat dan dipenuhi payet cantik. Untuk itu kebaya perlu perawatan yang berbeda dari busana yang lain.

Artis sekaligus desainer kebaya Asri Welas memberi tips untuk Anda agar koleksi kebaya tetap awet dan tahan lama. Apa saja? Simak tips yang disampaikan Asri Welas kepada Money.id.

Cuci dengan PH rendah

Menurut Asri jangan terlalu sering mencuci kebaya. Tetapi untuk pemakaian kebaya dalam jangka waktu seharian wajib dicuci namun jangan gunakan mesin cuci baju.

"Gunain sabun yang Ph-nya rendah, terus dicelup-celup aja jangan disikat atau masuk ke mesin cuci. Karena nanti payet-payetnya bisa copot," ujar Asri saat ditemui Money.id beberapa waktu lalu.

Jangan Pakai Pengering

Asri yang sudah menggeluti bisnis kebaya sejak 2009 itu mengatakan saat menjemur kebaya cukup di angin-anginkan saja.

"Jangan di dry clean, jangan jemur langsung di bawah sinar matahari nanti warnanya nggak tahan lama," katanya.

Jangan di Gantung

Kebaya yang memiliki banyak payet dan manik, menurut Asri usahakan untuk tidak menggantungnya. Karena jika berat akan merusak bentuk asli kebayanya.

Kemudian jangan tumpuk dengan busana lain dan jauhkan lemari pakaian Anda dari kapur barus, karena akan membuat bahan kebaya rusak.

"Kebaya kan nggak sering dipakai, setiap bulan diangin-anginin aja diluar," ucapnya. (dwq)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section