1. HOME
  2. STYLE & LOOK
TREN 2016

White Henna Bakal Jadi Tren Pernikahan 2016

Jika biasanya calon pengantin menggunakan henna berwarna coklat atau oranye, kini ada white henna yang lebih modern dan elegan.

By Dwifantya Aquina 29 Desember 2015 16:19
White henna karya Ima Habsyi dipakai oleh Nabila Syakieb (Instagram)

Money.id - Henna atau mehendi biasanya digunakan oleh pengantin wanita untuk mempercantik diri di hari pernikahan. Di Timur Tengah tradisi ini juga dipercaya dapat menjauhkan roh jahat dari sang pengantin yang berbahagia.

Namun, kini penggunaan henna telah meluas, tak hanya di negara-negara Timur Tengah seperti India dan Arab, namun juga di Asia, Afrika, bahkan Amerika.

Di Indonesia sendiri, penggunaan henna banyak digunakan di berbagai acara tradisional, seperti Malam Bainai dari Minangkabau, Berinai Curi dari Riau, Malam Bohgaca dari Aceh, Wenny Mapacci dari Bugis, dan masih banyak lagi.

Inovasi penggunaan henna pun berkembang pesat seiring dengan majunya zaman. Salah satunya adalah munculnya kreasi white henna.

Ima Habsyi adalah Henna Artist yang mempopulerkan white henna di Indonesia. Ia mengatakan white henna bakal menjadi tren di tahun 2016, tepatnya setelah artis cantik Nabila Syakieb menggunakan henna modern itu di kedua tangannya saat menggelar pesta pernikahan beberapa waktu lalu. Tak seperti keturunan berdarah Arab lainnya, Nabila memilih white henna yang lebih kekinian.

"Saat aku mengusulkan ke Nabila untuk menggunakan white henna, dia senang banget. Dia nggak sangka ternyata ada white henna yang bagus, cantik dan bisa langsung hilang setelah dicuci. Tamu-tamunya yang rata-rata orang keturunan Arab juga memuji white henna karyaku," kata Ima Habsyi saat berbincang dengan Money.id di Jakarta, Selasa 29 Desember 2015.

Baca: Ima Habsyi, Henna Artist Cantik Bertarif Jutaan Rupiah

Ima mengatakan, setelah pernikahan Nabila Syakieb, white henna langsung booming. 90 persen klien Ima yang sudah full booking hingga akhir Desember 2016, meminta white henna. Maka sudah dapat dipastikan salah satu tren pernikahan di 2016 adalah penggunaan white henna.

"Apalagi white henna ini lebih universal, dapat digunakan bukan hanya oleh pengantin tradisional, tapi juga untuk pernikahan internasional. Banyak juga orang chinese yang sudah booking aku minta dibuatkan white henna di pernikahannya tahun depan," tutur perempuan berusia 24 tahun itu.

Menurut Ima, white henna sebenarnya sudah cukup lama ia populerkan dan digunakan oleh beberapa klien regulernya. Namun, ia tak memungkiri berkat Nabila Syakieb white henna jadi semakin tersohor.

White henna karya Ima Habsyi
© 2015 money.id/Instagram

"Harganya memang nggak murah, sekitar Rp1 juta sampai Rp2 juta untuk kedua tangan si calon pengantin. Lebih mahal tapi lebih modern, elegan dan masuk ke semua kalangan. Mau pakai white gown juga masuk, karena bisa menggantikan sarung tangan. Glam banget dan bisa dipadukan sama glitter dan swarovski," terang Ima.

Bahan white henna, kata Ima, tidak bisa sembarangan. Ia mendatangkannya langsung dari Dubai. Harganya pun cukup lumayan dan tidak bisa dibeli secara online.

"White henna ini bahannya aku impor dari Dubai, dan nggak bisa di-shipping ke sini (Indonesia). Harus beli langsung ke Dubai, nggak bisa online. Jadi biasanya aku titip sama kerabat yang suka bolak-balik ke sana. Barangnya agak susah didapat, makanya kalau ada teman henna artist yang mau titip, aku sebenarnya juga kesulitan mendapatkannya," ujar dia.

White henna memang berbeda dengan henna biasa, melainkan bodypaint yang bersifat seperti kosmetik. Jadi tidak meresap ke lapisan kulit, sehingga tidak meninggalkan warna.

"White henna ini hanya bertahan paling lama dua hari jika tidak digosok, karena aku menggunakan white henna waterproof, jadi bagi Muslim, kalau salat harus dihapus dulu. Proses gambar biasanya aku lakukan saat calon pengantin sedang dirias," katanya.

Ima berharap tren white henna bisa memacu henna artist lainnya untuk terus berinovasi dan menghadirkan karya-karya orisinil. Gadis keturunan Arab-Portugal ini sendiri mengaku masih akan mengeluarkan ide-ide baru di tahun 2016 yang masih dirahasiakannya.

"White henna sudah pasti, dan ada satu lagi terobosan yang baru, tapi lihat saja nanti, masih rahasia," ucapnya.

Suka artikel ini? Klik LIKE

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section