1. HOME
  2. FASHION-BIZ
TIPS DAN TRIK

Punya Bisnis Fashion? Ini Tips Agar Label Cepat Dikenal

Bukan hanya melulu mengandalkan fashion show demi memperkenalkan produk, tetapi ...

By Rizki Astuti 14 Januari 2016 12:31
Aida Nurmala selaku CEO Studio One (Instagram).

Money.id - Munculnya para desainer pemula menghadirkan warna baru di industri mode Tanah Air.

Namun sayangnya, label busana yang diciptakan belum dikenal luas yang menyebabkan bisnis mereka harus putus di tengah jalan.

Agar label pakaian Anda mudah atau cepat diketahui bahkan dikenal masyarakat, Aida Nurmala selaku CEO Studio One yang juga pebisnis sukses di bidang fashion mengatakan, ada hal yang harus diketahui dalam urusan berbisnis. 

"Dalam berbisnis ada dua macam pebisnis yaitu skala kecil dan besar," kata Aida di Jakarta, Kamis 14 Januari 2016. Perbedaanya dua skala tersebut ada di besaran investasi yang digelontorkan ke dalam usaha.

Bagi pebisnis skala besar, tak ada kendala berarti. Namun bagaimana dengan pebisnis dalam kategori skala kecil? Berikut tips menjalankan bisnis dari Aida:

Konsep
Anda harus memiliki konsep dalam brand atau merek dalam bisnis fashion yang dijalankan. Beri penjelasan mengenai identitas atau ciri khas dalam label Anda.

Dokumentasi
Ketika Anda sudah memiliki konsep dan barang sudah selesai diproduksi, jangan lupa mendokumentasikannya dalam wujud foto.

Foto selection, kata Aida penting dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat, dalam mengenal brand Anda.

Rilis
Sebelum brand menjadi terkenal, cobalah untuk membuat rilis atau selembaran yang berisi tentang produk yang ditawarkan.

Isi rilis tersebut, tentu kelebihan atau ciri khas produk. Bila memiliki kenalan media, Anda dapat meminta bantuan untuk mempromosikan produk tersebut.

Meski modal tak menjadi kendala, namun para pebisnis skala besar juga harus menyiapkan beberapa hal berikut ini:

Presentasi
Buatlah event presentation dengan acara semenarik mungkin. Tak perlu ruangan besar untuk menggelar kegiatan tersebut, ruangan kecil dapat dimanfaatkan menjadi ajang unjuk gigi bagi label Anda.

Sasaran
Mulailah menyusun rencana kegiatan yang akan dilakukan. Siapkan semua secara detail, mulai dari budget dan sasaran penonton, bila perlu undang media sebagai ajang promosi.

Loyalti
Adanya media sangat penting dalam sebuah acara yang besar untuk loyalitas brand Anda. Jangan sungkan membeberkan rahasia kesuksesan brand Anda. 

Fashion show
Bila ada kegiatan peragaan busana seperti Fashion Week, cobalah untuk ambil bagian dalam acara bergengsi tersebut. Mulailah mencari link memperbaiki kualitas produk Anda, dengan memberikan hasil terbaik.

Cara pertahankan bisnis
Aida mengatakan, banyak desainer mengaku sulit mempertahankan bisnis yang sudah dikelola. Pembisnis di dunia fashion membutuhkan strategi yang baik, agar bisnisnya laris di pasaran.

Bukan hanya melulu mengandalkan fashion show demi memperkenalkan produk, tetapi manajemen marketing juga harus diperhatikan. Intinya, kata Aida adalah konsistensi dalam berbisnis. 

Bukan hanya itu saja, para pebisnis juga harus mampu bersaing dengan produk dalam negeri lainnya.

"Mereka juga harus tahu bagaimana caraya label Indonesia dikenal oleh luar negeri dan membuat orang dalam negeri suka pada karya kita," kata pemain film Arisan.

"Jadi bukan hanya memiliki uang atau modal besar, tetapi juga kematangan dari koleksi para desainer tersebut," kata pemenang Nominasi Pemeran Pembantu Wanita Terbaik, Piala Citra FFI 2004 itu. (els/poy)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section