1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Terkenal sebagai Desainer, Billy Tjong Awali Karier Jadi Fotografer

"Bagi saya keduanya saling melengkapi," ucap Billy.

By Dian Rosalina 1 Desember 2015 06:12
Billy Tjong (Money.id/Dian Rosa)

Money.id - Lebih dikenal sebagai seorang desainer pakaian, Billy Tjong ternyata mengawali kariernya sebagai seorang fotografer. Baginya dunia fotografi dan dunia fashion saling berhubungan satu sama lain. Itulah yang membuatnya belajar kedua bidang tersebut.

"Bagi saya keduanya saling melengkapi. Awalnya saya hanya ingin belajar fotografi di suatu tempat. Kemudian sebelum masuk ke sana, saya pikir, saya harus membekali diri dengan dasar-dasar fotografi. Saya belajar dan cukup menyenangkan ternyata," kata Billy Tjong diwawancarai Money.id, pekan lalu.

Asyik dengan dunia barunya, ternyata membuat kegiatan merancang busananya sempat tenggelam beberapa tahun.

Ia mengatakan bahwa memiliki dua hobi sekaligus ada saatnya salah satunya ditekuni, namun ketika itu sudah agak membosankan ia beralih ke hobi yang satunya.

"Ada kok up dan down-nya. Tidak pernah sih kedua-duanya sekaligus up atau down. Jadi saat mood fotografi saya lagi baik, biasanya saya bisa tenggelam dengan hal itu. Tetapi kalau sudah tidak mood lagi, saya langsung beralih ke fashion," kata Billy.

Hal itu berlangsung selama bertahun-tahun lamanya. Namun akhirnya ia harus memilih salah satu dari keduanya agar bisa lebih fokus.

"Karena sudah terlalu lama seperti itu, saya rasa, saya harus memilih salah satunya. Akhirnya saya lebih memilih fashion saja," kata dia.

Tawaran tak berhenti

Lama vakum dari dunia fotografi, ternyata tawaran untuk memotret tidak berhenti begitu saja. Ada saja permintaan tersebut yang datang kepadanya. Namun sayangnya, Billy tidak begitu saja menerimanya.

"Panggilan jadi fotografer cukup banyak sih. Cuma saya orangnya selektif kalau mau memotret. Kalau saya sedang dalam keadaan mood baik untuk memotret, saya terima. Tetapi kalau tidak, ya saya tidak mau," katanya.

Tidak seperti orang-orang lain yang hanya menjadikan kegemaran sebatas hobi. Billy malah memanfaatkan keduanya sebagai sebuah kesempatan untuk mencari pendapatan.

"Sebenarnya keduanya sama-sama untung sih, soalnya kan dapat uang juga," kata Billy tertawa. "Tetapi saya pribadi merasa harus mempertajam di bidang fashion daripada fotografer," ucap dia seraya tersenyum. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section