1. HOME
  2. FASHION-BIZ
BISNIS FASHION

Mau Sukses Jadi Pengusaha di Bidang Mode? Bisa, Asal...

Membangun sebuah bisnis, kata Musa tergantung dari diri sendiri.

By Dian Rosalina 15 Maret 2016 08:30
Exhibition Indonesia Fashion Week 2016 (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Banyak orang yang terjun ke dunia bisnis, mengandalkan hal yang disukai. Namun ternyata hal tersebut tak cukup membawa bisnis Anda, mencapai puncak kesuksesan. 

Desainer senior, Musa Widyatmodjo menilai sebelum memulai usaha, ada yang harus dipikirkan matang. Mulai dari apa yang dimliki hingga kemampuan, karena seseorang tidak bisa membangun apapun, tanpa memiliki 'modal' yang lebih dari sekadar materi. 

"Realitanya membangun bisnis itu tidak pernah selesai. Karena yang membuat berhasil itu bukan karena uang, tapi karena konsistensi, kesabaran dan keyakinan akan maju," ujar Musa dalam talkshow 'Building Succsessful Fashion Business' di Indonesia Fashion Week 2016.

Dia menjelaskan, seseorang yang mulai berbisnis hanya dari apa yang disukai, malah dapat menjadi bomerang bagi usahanya di kemudian hari. Kalau suatu saat bosan dengan kegiatan yang dilakukan, kemudian berhenti mungkin itu akan 'membunuh' usahanya secara perlahan.

(Musa Widyatmoko/Instagram)

"Sebenarnya kalau memungkinkan bertahan, ya bertahan saja. Jangan malah dibiarkan 'mati'. Saya pernah mendapat omzet hingga Rp500 juta perbulan, namun ada saatnya turun. Dari situ saya lihat ada yang salah lalu perbaiki. Itulah bagian dari pekerjaan sebagai pelau bisnis," jelas dia.

Intinya, lanjut Musa, harus pintar belajar, memperbaiki, fokus dan bersabar untuk membangun bisnis itu. Dia menegaskan, pelaku bisnis harus tahu dan bisa membaca situasi mengenai penjualan yang akan naik-turun. 

Pendiri sekaligus pemilik label fashion Nikicio, Nina Nikicio itu membenarkan, bahwa membangun sebuah bisnis tergantung dari diri sendiri. Tidak hanya itu, belajar dari kesalahan dan membangun lebih banyak relasi adalah solusi yang tepat.

"Relasi yang kamu kenal, nantinya akan memberikan masukan kepada kamu mengenai tips berbisnis yang tepat. Tapi harus mencari carai, tidak cukup uang tapi dengan strategi yang baru serta belajar bergaul dengan orang ahli dibidangnya," ujarnya. (els)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section