1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Qipao, Kostum Tradisional China yang Mendunia

Pakaian ini berasal dari bangsa Manchu dari Dinasti Qing yang menguasai China pada masa itu.

By Dian Rosalina 2 Februari 2016 12:00
Koleksi SisSae Qipao (SisSae Qipao)

Money.id - Dalam perayaan Imlek, orang-orang yang merayakan selalu menggunakan baju tradisional khas China. Cheongsam atau Qipao adalah salah satu jenis kostum tradisional wanita China.

Pakaian yang mempunyai arti panjang ini berasal dari bangsa Manchu dari Dinasti Qing yang menguasai China pada masa itu.

Saat itulah para wanita Manchu mempunyai kebiasaan mengenakan busana terusan panjang yang mereka sebut Qipao.

Saat revolusi terjadi pada 1911, Dinasti Qing mencapai puncak kejayaannya, hingga pakaian Qipao ini pun menjadi busana nasional yang dipakai oleh wanita China.

Awalnya, Qipao hanya digunakan oleh wanita bangsawan yang terbuat dari kain sutra. Baju ini dijahit dengan motif sulaman dekoratif pada bagian kerah, lengan dan ujung busana.

Masuknya budaya Barat ke China juga ikut mengubah gaya dan motif Qipao. Sebelumnya pakaian tersebut dibuat longgar yang mencerminkan kebangsawanan wanita Manchu.

Namun kini, Qipao semakin menunjukkan bentuk tubuh, dan mempunyai variasi warna dan motif.

Lebih modern

Pada tahun 1960, Qipao menjadi busana yang diminati tidak hanya di negara asalnya China bahkan mulai memasuki fashion barat.

Kini pakaian tradisional tersebut dianggap busana fashionable dan banyak desainer yang memodifikasinya hingga lebih variatif, menarik, serta modern.

Desainer-desainer kelas dunia seperti John Gallioano untuk koleksi Dior 1998, kemudian Marc Jacobs yang membuat koleksi Cheongsam untuk Louis Vuitton pada Spring/Summer 2011.

Tak hanya itu, di Indonesia pun banyak desainer lokal yang merancang pakaian Qipao. Namun ada satu desainer yang sejak awal kemunculannya hanya fokus dengan pakaian ini.

SisSae Qipao, adalah salah satu merek pakaian yang mengkhususkan diri memberi kualitas tinggi pada setiap Cheongsam atau Qipao dengan sentuhan modern.

Desainer dari SisSae Qipao, Inwi Willy, mengatakan kepada Money.id, Selasa 2 Februari 2016 bahwa Cheongsam adalah pakaian yang bisa menjadikan wanita lebih berkelas elegan, dan timeless.

"Qipao bisa membuat setiap wanita terlihat anggun dan seksi tanpa harus dengan pakaian terbuka. Pakaian ini bisa digunakan untuk segala suasana, tidak hanya imlek saja," ujar Inwi.

Sebagian besar desain pakaian yang dirancang oleh Inwi, memiliki motif-motif yang ciri khas klasik dari pakaian Cheongsam. Seperti bunga peony, naga, ikan, dan masih banyak lagi.

SisSae Qipao Classics Collection/SisSae Qipao

Bunga Peony diartikan sebagai lambang kemakmuran dan kesejahteraan, bunga Lotus diartikan sebagai lambang kecantikan, naga sebagai sebuah kekuatan, dan ikan diartikan sebagai lambang keberuntungan.

Sebagai seorang desainer yang merancang baju tradisional China, Inwi mengaku sangat menyukai pakaian Qipao.

"Saya sangat menyukai pakaian ini, karena Qipao adalah kombinasi sejarah, karya seni, dan fashion," kata dia.

Tidak hanya indah, baju Cheongsam yang identik dengan imlek ini menampilkan kesederhanaan, kemewahan, kerapihan, dan keanggunan. Tak heran banyak wanita di seluruh dunia yang menyukai pakaian tersebut. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section