1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Pakai Baju Bermerek Bisa Tingkatkan Performa Diri, Benarkah?

Menggunakan merek tertentu dapat berpengaruh positif pada performa seseorang.

By Dian Rosalina 23 Februari 2016 12:15
Ilustrasi Pria Menggunakan Pakaian Bermerek (www.ranker.com)

Money.id - Tak semua orang mampu membeli pakaian bermerek. Namun bila mendapatkan kesempatan untuk memakai pakaian bermerek terkenal, pasti Anda akan merasakan kebahagiaan.

Terlebih jika Anda memakainya di tempat kerja. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa memakai pakaian bermerek ternyata bisa meningkatkan produktivitas seseorang ketika bekerja atau berolahraga.

Dilansir dari Dailymail, Selasa 23 Februari 2016, penelitian yang dilakukan oleh Journal Of Consumer Research menemukan bahwa menggunakan merek tertentu dapat berpengaruh positif pada performa seseorang. Tidak hanya itu, menggunakan pakaian bermerek terkenal juga menimbulkan efek placebo pada penggunanya.

"Dalam penelitian kami, kami memeriksa apakah hal tersebut hanya kenyakinan belaka atau memang bisa mempengaruhi hasil kinerja seseorang dengan lebih baik," kata seorang mahasiswa dari Universitas Of Kentuky, Aaron Garvey.

Terdapat beberapa percobaan untuk membuktikan hipotesis yang dibuat oleh Garvey dan timnya tersebut. Pertama partisipan diminta untuk bermain golf namun dengan bermacam-macam merek tongkat.

Hasilnya berdasarkan percobaan tersebut diketahui bahwa seseorang yang menggunakan tongkat golf dengan merek yang lebih terkenal ternyata memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dibanding pastisipan lain.

Dalam studi lain, partisipan diminta mengambil bagian dalam tes matematika yang cukup menantang. Peserta diberitahu bahwa mereka akan mengenakan sepasang penutup telinga untuk meminimalkan gangguan dan meningkatkan konsentrasi.

Hasilnya terbukti bahwa menggunakan penutup telinga bermerek dapat membantu seseorang lebih berkonsesntrasi dan mendapat hasil yang lebih baik dalam tes yang dikerjakan.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa penggunaan merek tertentu dapat meningkatkan performa seseorang secara signifikan. Peningkatan yang muncul dari merek tertentu disebabkan oleh sugesti bahwa diri Anda menjadi lebih hebat ketika menggunakan merek tersebut.

Namun pada kenyataannya itu tidak berlaku terhadap orang-orang yang telah memiliki pengalaman di bidangnya. Intinya Anda harus percaya diri dengan apa yang dikerjakan meskipun tidak menggunakan barang-barang yang bermerek. (dwq)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section