1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FINANCE

Omzet Bisnis Distro Bloop Endorse Masih Stabil

Omzet Bloop Endorse masih stabil di Rp5 juta-Rp10 juta per harinya.

By Azalia Amadea 15 Januari 2016 15:37
Distro Endorse, Tebet, Jakarta Selatan (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Seiring maraknya brand-brand pakaian ternama di dunia masuk ke Indonesia, tidak membuat khawatir para pengusaha distro terutama di ibu kota.

Salah satunya distro Bloop dan Endore di bawah manajeman PT Endorsindo Makmur Selaras yang dimiliki oleh Martinus Sunu Susatyo (36) ke-dua distro ini masih berdiri hingga sekarang.

"Di awal pembukaan untuk melihat selera pasar kita mengatur seolah-olah Bloop dan Endorse bersaing. Kita promosikan keduanya lewat media sosial hingga trending topic," kata Christian Taihutu (37) promotion manager Bloop dan Endore kepada Money.id.

Bloop

Distro Bloop, Tebet/Azalia Amadea Money.id

Bloop pertama kali buka pada tahun 2003 di Jalan Tebet Utara Dalam No. 2, Jakarta Selatan. Saat itu Bloop masih berupa distro kecil yang diapit oleh usaha warnet dan kantor pengacara.

Namun saat ini Bloop sudah memiliki outlet sendiri yang tempatnya tidak jauh dari outlet lamanya, yaitu di Jalan Tebet Utara Dalam No. 22.

"Bloop merupakan distro pertama kita, pada tahun 2003 itu di Jalan Tebet Utara Dalam ini masih sepi belum banyak usaha yang dibuka. Bisa dibilang Bloop menjadi pelopor usaha-usaha di sini," kata Christ.

Distro ini menjual pakaian dengan segmentasi khusus remaja usia di bawah 20 tahun. Desain-desain pakaiannya pun lebih terlihat ramai dan pakaian anak muda yang sangat kekinian. Pakaian yang dijual seperti Kaos, Kemeja flanel, Blouse, dan celana Jeans.

Tentunya dari segi harga pakaian disesuaikan dengan kantong para remaja. Harga pakaiannya sekitar Rp130 ribuan untuk kaos, sedangkan untuk aksesoris sekitar Rp15 ribu.

Tak hanya itu Bloop juga menjual sepatu baik untu remaja wanita maupun laki-laki dengan harga sekitar Rp250 ribuan.

Endorse

Distro Endorse, Tebet/Azalia Amadea Money.id

Endorse buka pertama kali tahun 2005. Distro ini sengaja dibuka dengan maksud untuk melihat persaingan antara Bloop dan Endorse.

Hal yang membedakan Bloop dan Endorse adalah segmentasi pasar. Endorse memfokuskan pakaiannya lebih untuk orang-orang dewasa dengan rentang usia 20 tahun ke atas, dengan desain pakaian yang lebih simple dan tidak terlalu ramai.

Dari segi harga tidak jauh berbeda dengan Bloop masih disekitaran harga RP130 ribu - Rp250 ribuan. Sama halnya dengan Bloop, Endorse menjual pakaian seperti Kemeja, Dress, Blouse, dan Celana.

"Seiring berjalannya waktu distro kita pernah mengalami masa jatuh bangun pada tahun 2010-2011 di saat dolar sedang naik. Omzet kita jatuh hingga 60 persen," tambah Christ.

Namun saat ini omzet distro-distro tersebut sudah kembali stabil, per harinya mereka dapat meraup omzet Rp5 juta-Rp10 juta.

"Kami juga melakukan strategi pomosi bekerjasama sebagai penyedia official merchandise dengan beberapa band ternama seperti One Direction, Bon Jovi, Netral, Sammy Simorangkir, Kerispatih, CJR, dan Sheila On 7," ujarnya.

Tak berhenti sampai di situ distro milik Sunu tersebut, sering menggelar beberapa kuis melalui Twitter untuk lebih mendekatkan Bloop Endorse kepada pelanggan setia mereka.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section