1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Mimpi Dubai Jadi Pusat Fashion Global

Kota yang sebelumnya hanya ada padang pasir selama 40 tahun lamanya, kini merangkak naik seiring dengan kemajuan teknologi.

By Dian Rosalina 7 November 2015 08:12
Ilustrasi/Pixabay

Money.id - Kini Anda harus memasukkan Dubai ke dalam daftar kota yang wajib dikunjungi. Sebab, kota tersebut sedang memantapkan diri sebagai kota fashion global.

Beberapa waktu yang lalu, Dubai Mall mengadakan parade fashion internasional yang diikuti oleh model dan editor sebagai bagain dari tur Franca Sozzani (editor Vogue) yang ketiga kalinya di Vogue Fashion Dubai.

Dikutip dari laman Business of Fashion, Jumat 6 November 2015, rangkaian acara tersebut melibatkan para tokoh fashion internasional dan komunitas fashion lokal yang ada di Dubai.

Kota yang sebelumnya hanya ada padang pasir selama 40 tahun lamanya, kini merangkak naik seiring dengan kemajuan teknologi.

Dubai telah membuat landmark-landmark terkenal di negaranya, seperti Burj Khalifa sebagai gedung tertinggi di dunia, Dubai Mall, pusat perbelanjaan terbesar di dunia, dan Palm Jumeirah.

Jelas, Dubai tidak bisa diremehkan dalam segi sumber daya keuangan dan keterampilan masyarakatnya yang membuat hal tersebut terjadi.

Dari industri fashion, Dubai telah mejadi salah satu tujuan perusahaan retail top dunia. Pada tahun 2014 banyak toko di Dubai Mall menarik sekitar 80 juta pengunjung.

Ini membuktikan bawah kota tersebut memiliki magnet bagi orang-orang dari seluruh Asia, Afrika, dan Timur Tengah. Lebih dari 2.000 brand ternama masih mengantre untuk dapat memiliki toko di Dubai Mall.

Baru-baru ini didirikan Dubai Design & Fashion Council (DDFC) yang diketuai oleh Dr Amina Al-Rustamani dan didukung oleh pemerintah Dubai untuk membangun terciptanya ekosistem busana dengan diadakannya fashion week dan lembaga pendidikan. Dubai Design District atau D3 membawa serta industri kreatif dalam hal ini.

Namun Dubai masih memiliki masalah seperti mengatasi citra bahwa semua yang ada di Dubai seperti isi mal, mobil-mobil mewah, restoran, dan toko adalah hasil impor.

Penduduk setempat mengatakan bahwa orang-orang kreatif telah berkecambah sejak krisis keuangan 2008. Hal tersebut mengejutkan semua orang mengingat Dubai adalah kota yang sibuk dan modern.

Apakah tujuan DDFC bisa tercapai? Jawabannya masih harus dilihat. Tetapi dengan potensi terbentuknya Vogue Arabia pada 2017 mendatang, sebuah pekan mode sudah di depan mata dan desainer muda serta brand global akan mengambil kesempatan itu. (poy)

(im/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section