1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Mau Celana Jeans Awet? Ini Tips Merawatnya

Selain tidak perlu sering dicuci, Carl juga mengatakan jangan pernah sekali-sekali mencuci jeans kesayangan Anda di mesin cuci.

By Dian Rosalina 6 Februari 2016 10:00
Celana Jeans (www.sheknows.com)

Money.id - Celana jeans adalah salah satu item fashion yang wajib ada di lemari Anda. Celana tersebut membuat si pengguna akan terlihat lebih gaya dan modis.

Meski begitu, sebagian orang menganggap celana jeans tidak perlu terlalu sering dicuci. Hal itu dibenarkan oleh Direktur Konsep Levi Strauss & Co. Carl Chiara.

Dikutip dari The Wall Street Journal, Sabtu 6 Februari 2016, Carl juga mengatakan jangan pernah sekali-sekali mencuci jeans kesayangan Anda di mesin cuci.

Karena itu akan membuat bahan dasar jeans, denim, akan melebar dan menyebabkan benang-benang menjadi lebih pendek.

Mencuci di mesin akan membuat celana jeans Anda menjadi menyusut. Tidak hanya itu, warna dari celana tersebut lambat laun akan berubah. Ia menyarankan agar mencuci celana jeans setiap enam bulan sekali.

Bukankah itu akan membuat jeans menjadi bau? Ya, tentu saja. Tetapi itu bisa dicegah asalkan Anda tahu cara merawat dan menjaga celana jeans agar tetap terlihat baik dan segar. Berikut tipsnya yang dikutip dari Sooperboy.

Mencegah robek

Untuk mencegah celana jeans mudah robek, gunakanlah deterjen yang non-abrasif dan tidak mengandung pemutih.

Bahkan mencuci jeans tanpa menggunakan sabun bisa membuat bersih tanpa merusak kain.

Hilangkan noda

Membersihkan noda yang ada di celana jeans sebenarnya cukup sederhana. Cucilah dengan air tanpa menggunakan sabun, tetapi hanya di tempat yang terkena noda saja ya!

Kualitas baik

Celana jeans yang memiliki kualitas baik tentu saja dilhat dari bahan dan merek. Ada beberapa cara untuk melihat kualitas ketahanan sehelai celana jeans.

Periksalah bagian dalam ujung kaki bawah celana jeans untuk melihat jahitan warna-warni. Itu merupakan tanda jeans dengan tepi tenunan yang dianyam.

Karena jahitan yang terbuat dari kain tenun terkenal sangat kuat dan tidak ada yang mengalahkan ketahanannya.

Mencegah penyusutan

Bila mencucinya di mesin cuci, jangan menggunakan mesin pengering pakaian. Karena itu akan membuat celana jeans menyusut dan kehilangan bentuk aslinya.

Untuk mencegah hal itu, keluarkan celana saat kondisinya sudah setengah kering atau lembab. Lalu gantungkan dengan kering. Itu akan mencegah kerutan dan penyusutan ukuran celana.

Pertahankan warna

Meski Anda ingin menghilangkan bau tidak sedap dari jeans, jangan pernah mencucinya dengan air panas. Lebih baik gunakan air dingin.

Selain itu, balikkan celana terlebih dulu. Jika warnanya sudah pudar, cara yang paling praktis untuk mengembalikan warnanya adalah mencampurkan celana jeans yang lain berwarna gelap sehingga warnanya menyatu. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section