1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Kawah Ijen, Desain Dian Pelangi nan Elegan

Selain Dian, ada empat desainer lain yang terinspirasi keindahan alam dalam merancang busananya.

By Dian Rosalina 14 Maret 2016 11:17
Model dari sejumlah perancang busana di IFW 2016 (Nursakti Niko/Instagram)

Money.id - Wardah meluncurkan lima tren warna make up terbaru yang terinspirasi dari tempat-tempat eksotis di Indonesia. Berkolaborasi dengan lima desainer Indonesia, inspirasi warna tersebut diwujudnyatakan dalam fashion show

Mereka adalah Barli Asmara, Dian Pelangi, Ria Miranda, Zaskia Sungkar dan Mel Ahyar yang mewujudkan keindahan alam Indonesia pada 10-12 rancangan busana mereka. 

Glow Of Parai by Barli Asmara

(Runaway Barli Asmara-Nursakti Niko/Instagram)

Dengan tema Glow Of Parai, Barli menggunakan warna dasar hitam sentuhan warna emas. Kehadiran warna dalam rancangannya terinspirasi dari pulau Parai Bangka Belitung. "Pada rancangan saya ada detail motif kupu-kupu, bunga dan ranting pohon," kata Barli.

Pohaci by Mel Ahyar
Tahun lalu, Mel Ahyar juga berkolaborasi dengan Wardah. Labelnya adalah Happa yang merupakan hasil kolaborasinya dengan penyanyi jazz ternama, Andien Aisyah.

Dalam perhelatan kali ini, Mel terinspirasi dari dewi mitologi masyarakat Sunda, yaitu Pohaci, dengan tampilan busana mix culture dan cenderung modest wear.

"Pohaci digambarkan memiliki karakter yang misterius namun tetap sederhana. Sisi itulah yang ingin saya bawa dalam desain rancangan kali ini," ujar Mel. Desain tersebut menyajikan siluet oversized sebagai representatif elemen udara yang terinspirasi dari daerah Kawah Putih, Ciwidey, Jawa Barat.

Lembayung Jiva by Dian Pelangi
Rancanganya Dian Pelangi biasanya didominasi warna-warna shocking, namun kini dia memadukan warna tersebut ke warna yang cenderung gelap.

Terinspirasi dari keindahan warna-warna Kawah Ijen, Banyuwangi, Dian memadukan antara teknik tie-dye dengan teknik tenun menggunakan benang emas. Dian mengaku bahwa ia tidak pernah melihat secara langsung seperti apa Kawah Ijen tersebut.

(Rancangan Dian Pelangi-Nursakti Niko/Instagram)

"Aku mendengar namanya saja untuk terbayang warnanya apa, bahan apa yang aku pakai, dan motif apa yang nantinya akan aku buat. Busana aku memang lebih flowly, shine sesuai dengan karakter dari api itu sendiri," kata Dian.

Sea Shore by Ria Miranda
Terinspirasi dari kekayaan dan keindahan alam Raja Ampat, Papua, desain rancangan yang akan dibawakan Ria Miranda cenderung berwarna pastel.

Siluet busana Ria, menyerupai kerang yang dibuat dengan teknik lipit dan flare. "Nanti itu semua akan dipadukan dengan potongan loose dan flowy. Jadi seperti gerakan ombak-ombak laut," ujarnya.

Goa Gong by Zaskia Sungkar
Sebelumnya Zaskia pernah mengeluarkan rancangaan yang terinspirasi dari kebudayaan Betawi. Stalaktit dan stalakmit Goa Gong, Pacitan adalah inspirasi rancangan yang akhirnya dituangkan oleh istri Irwansyah dalam busananya. 

"Dalam rancangan ini aku memakai warna-warna tanah, seperti coklat, dan coklat kemerahan. Strukturnya pun tetap simpel namun tegas dan struktural, sangat sesuai dengan karakter saya," kata Zaskia. Tidak hanya itu, Zaskia juga memadukan kain lurik hingga menampilkan gabungan antara busana tradisional dengan modern.

Runaway lima desainer ternama itu menjadi penutup acara mode terbesar, Indonesia Fashion Week (IFW) 2016. (els)

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section