1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Jangan Masukkan Pakaian Ini ke Mesin Cuci!

Mesin cuci memang praktis. Tapi, seringkali baju kesayangan Anda jadi korban.

By Dian Rosalina 2 Januari 2016 15:13
Ilustrasi Mencuci (www.which.co.uk)

Money.id - Biasanya untuk menghemat waktu, Anda selalu mencampurkan semua pakaian Anda ke dalam mesin cuci. Namun pada akhirnya seringkali baju kesayangan Anda jadi korban. Entah itu rusak atau terkena warna luntur dari pakaian lain.

Tidak semua baju bisa diperlakukan sama. Beberapa pakaian perlu penanganan khusus agar tetap bagus dan terjaga. Berikut ini adalah jenis pakaian yang sebaiknya tidak perlu dikeringkan di mesin pengering:

Stoking

Sebelum mencuci, pastikan tidak ada pakaian yang berbahan elastis dan tipis masuk ke dalam meskin cuci, misalnya stoking. Bila Anda memasukkan stoking ke mesin cuci, bukannya tidak mungkin bahan tersebut akan melar dan bolong-bolong.

Keset

Jangan sekali-sekali mencuci dan mengeringkan keset berbahan kain atau alas karet. Keset yang berbahan kain bila tercampur dengan sweater berwarna gelap akan terlihat benang-benang dan kain-kain yang menempel. Sedangkan beralas karet, lebih baik langsung dijemur di bawah sinar matahari.

Pakaian renang

Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan Lycra. Lycra sendiri adalah istilah untuk menyebut suatu bahan yang terbuat dari campuran serat spandex dan serat lainnya.

Bahan ini tentu saja tidak menyerap air. Bila Anda mengeringkannya di mesin cuci tidak akan kering malah akan merusak bahannya tersebut.

Bra

Jangan heran bila Anda harus sering membeli bra baru karena karet yang melar. Suhu panas di dalam mesin pengering bisa merusak elasitas karet bra dan bentuknya. Untuk mencuci bra, cukup diangin-anginkan saja.

Baju berpayet

Baju yang memiliki motif dengan payet atau batu-batuan sebaiknya tidak dicuci dan dikeringkan di mesin cuci. Cukup rendam dan kucek bagian yang kotor.

Baju tersebut akan cepat rusak, dan payetnya berpotensi terlepas dari baju bila tidak benar mencucinya dan merawatnya. Untuk mengeringkan baju berpayet yang basah cukup diangin-anginkan agar cepat kering. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section