1. HOME
  2. FASHION-BIZ
JFW

Jakarta Jadi Insipirasi Zaskia Sungkar di JFW

Tidak banyak yang tahu bahwa Betawi memiliki kain dengan motif yang indah.

By Dian Rosalina 25 Oktober 2015 19:29
Artis sekaligus desainer Zaskia Sungkar (Kapanlagi)

Money.id - Artis Zaskia Sungkar menampilkan 12 koleksi busana hasil karyanya di Jakarta Fashion Week (JFW).  Koleksinya itu terinspirasi dari landmark di Jakarta.

Dalam fashion show itu, Zaskia berkolaborasi dengan desainer kenamaan lainnya, seperti Barli Asmara, Dian Pelangi, dan Ria Miranda. Dengan mengusung tema Batavia, kakak dari Shireen Sungkar ini, lebih menonjolkan warna putih. Detail-detail gambarnya pun menunjukkan landmark Jakarta seperti Monas, gedung-gedung bertingkat, hingga Masjid Istiqlal.

"Aku juga menambahkan bahan-bahan seperti kain Batik khas Betawi. Tidak banyak tahu, kalau Betawi sendiri memiliki kain batik yang indah. Motif-motifnya pun beragam seperti motif kembang goyang, dan ondel-ondel," ujar Zaskia dalam konferensi pers Jakarta Fashion Week, Minggu 25 Oktober 2015.

Di balik hasil karyanya kali  ini, Zaskia juga punya pesan yang ingin dia sampaikan melalui runway. "Aku pengen memberikan reminder untuk anak muda bahwa meski kita tinggal di Jakarta yang modern dan dinamis, kita masih memiliki kultur budaya yang kuat juga."

(Foto: Koleksi Zaskia Sungkar di JFW 2016/Money-Dian Rosalina)

London
Dalam kesempatan itu, Zaskia juga mengungkap bahwa koleksi yang diperagakan di JFW tidak berbeda jauh dengan fashion yang dia tampilkan di London Oxford Fashion Week, medio September lalu.

"Tidak beda jauh. Dalam busana muslimah ini aku terinspirasi dari kebudayaan Betawi, tetap modern namun kuat unsur budayanya," kata dia.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(im/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section