1. HOME
  2. FASHION-BIZ
MISS WORLD

Ini Perbedaan Miss World dan Miss Universe

Miss Universe lebih menonjolkan kecantikan, sedangkan Miss World...

By Stella Maris 23 Desember 2015 10:00
Miss World dan Miss Universe 2015 (Facebook).

Money.id - Miss World dan Miss Universe di awal kontes, sama-sama mempromosikan baju renang dan ajang tersebut diselenggarakan setahun sekali. Keduanya sama-sama mendapat julukan 'Ratu Sejagad' namun ada hal lain yang membedakannya.

Miss World dikelola oleh Miss World Organization, Julian Morley yang juga istri Eric Morley. Sementara Miss Universe dijalankan oleh Miss Universe Organization, dimana kepemilikan saham telah dibeli oleh Donald Trump dan kini telah bekerjasama dengan penyiaran NBC.

Sebelum ditetapkan namanya menjadi Miss World, Kiki Hakansson adalah wanita pertama dan terakhir yang dinobatkan sebagai pemenang dalam balutan bikini. Pada 1952, Miss Universe adalah Armi Kuusela dari Finalndia.

Dikutip laman Bustle, Rabu 23 Desember 2015, Miss World lebih dulu muncul pada 1951 menyusul Miss Universe setahun kemudian. Format pemilihan Miss World didasarkan pada benua.

(Sejarah Ratu Sejagat 'Miss World')

Dalam prosesnya, Miss World memilih dua orang miss dari masing-masing benua, seperti Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Asia yang akan menjadi semifinalis. Nantinya setiap kontestan yang akan lolos ke babak final, harus melalui serangkaan tantangan Fast Track, yaitu Beach Fashion, Miss Talent, Miss Sports, Beauty With A Purpose, dan Top Model.

Penilaian Miss World bukan hanya berdasarkan beauty atau kecantikan semata. Mereka yang lolos dari Fast Track umumnya adalah aktivis sosial dan tak terlalu cantik.

Berbeda dengan Miss Universe yang terkesan sangat menonjolkan kecantikan. Contoh kasus yang paling kongkrit adalah saat 2004, organisasi miss Australia menukar delegasinya dengan seorang super model bernama Jennifer Hawkins, karena miss Australia 2004 asli dianggap kurang cantik.

Apalagi?

Penilaian peserta selain dari gaun malam, mereka juga harus melewati tahap wawancara, attitude, dan catwalk. Dalam penilaian tersebut, Miss Universe melibatkan penilaian online dengan skala O-10. Sementara Miss World penilaian sudah dilakukan juri sejak pembuatan dokumentasi video Beauty With A Purpose di negara masing-masing.

(Miss Indonesia Raih Juara 3 di Ajang Miss World 2015)

Bukan hanya itu saja, masa karantina Miss World di London panjang dengan peserta lebih dari 100, sedangkan Miss Universe masa karantina yang dilakukan di Amerika Serikat lebih singkat.

Menyoal hadiah yang didapatkan pemenang, belum diketahui pasti nominalnya dan apa saja yang diperoleh Miss World. Sementara Miss Universe, dari gambaran pemenang tahun lalu, Miss Kolombia, Paulina Vega diketahui mendapatkan gaji setahun penuh dan bebas biaya sewa apartemen di New York.

(Pembawa Acara Salah Sebut Juara Miss Universe 2015)

Vega juga menjadi duta profesi dan kehumasan, mendapat beasiswa setahun di New York Film Academy, kerja modeling, dan mendatangi undangan ke berbagai pertemuan, serta memperoleh baju-baju gratis.

Di Indonesia yang akan mewakili Miss World berasal dari Miss Indonesia, sementara pemenang Putri Indonesia akan bertanding dalam ajang Miss Universe.

 

 

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section