1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Ingin High Heels Awet? Ini Tipsnya

Salah satunya, jangan pernah mencuci high heels dengan air dan sabun! Karena...

By Dian Rosalina 24 Desember 2015 06:40
Ilustrasi Sepatu High Heels (glamorousheels.com)

Money.id - Bagi wanita, sepatu hak tinggi atau high heels adalah segalanya. Give a girl the right shoes, and she can conquer the world, kata aktris Hollywood legendaris, Marilyn Monroe.

Salah satu jenis sepatu yang digilai para wanita adalah high heels karena membuat seseorang tampak berbeda dan lebih seksi. Namun perawatan sepatu high heels tentu saja tidak sama dengan flat shoes, atau sneaker. Wanita terkadang sulit memeliharanya hinga akhirnya sepatu tersebut lebih cepat rusak.

Dikutip dari Boldsky, Rabu 23 Desember 2015, sepatu high heels biasanya berbahan dasar kulit. Bahan tersebut terkenal sensitif bila tidak dibersihkan dengan benar. Berikut ini adalah tips cara merawat sepatu high heels kesayangan Anda:

1. Hilangkan kotoran dan poles

Jika ada salah satu di antara Anda mencuci sepatu high heels, Anda salah besar. Karena sepatu cantik tersebut tidak perlu dicuci dengan air. Hilangkan saja kotorannya sebelum membersihkannya lebih jauh.

Poleslah high heels Anda dengan polesan sepatu atau semir sepatu. Bila tidak ada, Anda bisa menggunakan kondisioner untuk menghapus kotoran di sepatu.

Jika Anda tidak memakainya secara teratur, cukup dibersihkan sekali dalam seminggu. Ini akan mempertahankan lama sepatu dan melindungi kualitas bahannya.

2. Bersihkan ujung tumit sepatu

Setelah menggunakan high heels kesayangan Anda, jangan lupa untuk selalu membersihkan tumit hingga ke ujungnya. Hal ini untuk mencegah noda menempel di tumit. Untuk menghilangkan noda seperti lumpur dari tumit. Bersihkan saja dengan spons basah dan lap dari kain katun.

3. Cuka

Siapa sangka asam asetat ini dapat membersihkan sepatu dari bahan kulit. Cuka membuat kotoran yang sulit hilang dengan air, bisa bersih seperti sedia kala.

Tambahkan beberapa tetes cuka pada kain katun atau kain lap. Kemudian bersihkan permukaan sepatu high heels Anda secara perlahan.

4. Berkendara? Jangan pakai high heels

Banyak wanita di luar selalu menggunakan high heels mereka saat sedang berkendara.

Sepatu high heels punya tingkat sensitif yang tinggi. Mungkin jika dipaksakan untuk digunakan saat berkendara tentunya mereka akan kehilangan bentuk tinggi secara perlahan.

5. Kurangi berjalan kaki

Memang berjalan kaki adalah hal yang menyehatkan, namun bila Anda berjalan kaki dengan menggunakan heels, yang ada malah lelah dan menyakitkan, bukan? Sepatu high heels tentu saja tidak sama dengan sneakers atau flatshoes.

Salah satu cara terbaik merawat sepatu high heels kesayangan Anda adalah jangan gunakan heels Anda saat berjalan kaki dalam waktu yang lama. Itu sebuah perawatan yang mudah, bukan?

6. Simpan dalam kotak sepatu

Bila sepatu heels Anda adalah sepatu yang bertabur bebatuan atau payet, sebaiknya disimpan di dalam kotak sepatunya. Selain menjaga dari sinar matahari, kotak tersebut bisa menjaga kelembaban udara dan sepatu high heels kulit Anda tidak cepat terkelupas. Jangan lupa tambahkan sillica gel yang bisa menyerap air dan membuat barang tidak lembab. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section