1. HOME
  2. FASHION-BIZ
BISNIS FASHION

Ternyata Ini Pelopor Desainer Busana Muslim di Indonesia

Ida memutuskan mengundurkan diri dari dunia tarik suara dan fokus ke bisnis fashion muslim.

By Rizki Astuti 15 Maret 2016 09:46
Ida Royani (Instagram)
Fashion muslim di Indonesia saat ini sedang menjadi sorotan dunia. Namun dibalik kesuksesan para desainer mensejajarkan fashion muslim ke panggung mode, Indonesia punya sosok wanita yang menjadi pelopor rancangan busana muslim di Indonesia.
 
Adalah artis yang namanya populer di era 80-an yang juga mantan penyanyi beraliran country, Ida Royani. Dia adalah perancang busana muslim pertama, dimana saat itu belum ada satu pun desainer yang menggeluti busana muslim. Bahkan tahun itu sangat jarang orang mengenakan pakaian muslim.
 
Sebelum terjun ke dunia fashion, Ida sudah lebih dulu berhijab pada 1978. Saat menikah dengan penyanyi rock, Keenan Nasution, dia memutuskan mengundurkan diri dari dunia tarik suara dan fokus ke bisnis fashion muslim.
 
 
(Rancangan Ida Royani di Indonesia Fashion Week 2016-Money.id/Rizki Astuti)
 
"Suami bilang dari pada beli terus, mending buat dan jualin. Jadi aku pakai baju muslim, orang-orang belum ada yang jual baju muslim. Dari situ aku mulai sekolah desain dan akhirnya jadi label dengan nama sendiri," ujar Ida kepada Money.id, Senin 14 Maret 2016.
  
Pada 1984 adalah awal memasarkan busana muslim hasil desainnya, di Sarinah. "Dulu belum ada Pasaraya, dulu adanya Sarinah Thamrin, pertama kali jual disana dan katanya (pihak Sarinah) bajunya bagus" kata Ida. 
 
Melihat adanya prospek yang baik, pihak retail melanjutkan kerjasama dengan sistem beli putus atau konsinyasi. "(Mereka) sampai rela nungguin aku buat bajunya, karena kan tukang jahitnya saat itu cuma satu," kata wanita bernama lengkap Ida Daniar Royani itu. 
 
Indonesia Jadi Raja Sendiri
Label Ida Royani sudah ada sejak 1980, bahkan sudah dikenal kebanyak negara, seperti Jepang, Belanda dan Amerika. Namun dia mengaku, lebih banyak orang Indonesia yang cinta akan produknya.
(Rancangan Ida Royani di Indonesia Fashion Week 2012/Instagram)
 
"Aku lebih banyak main di dalam negeri. Alhamdulillah, kita ini sebenarnya jadi raja di negara sendiri. Aku jualan baju dan kain tenun yang minat itu orang kita (Indonesia). Orang luar nggak suka sama harganya," lantasnya. Diketahui harga kain tenun Ida mencapai puluhan juta rupiah. (els/dwq)
 
 
 
 
 
 
 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section