1. HOME
  2. STYLE & LOOK
TIPS FASHION

Begini Caranya Agar Model Potongan Rambut Pria Tahan Lama

Nah agar model potongan rambut Anda tetap tahan lama walau rambut sudah panjang, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

By Dian Rosalina 8 September 2016 12:10
Ilustrasi Rambut Pria (soompi)

Money.id - Daripada wanita, pria lebih sering mengganti model rambutnya. Bukan hanya sekadar tren belaka, tapi karena bentuk model sebelumnya sudah tak berbentuk.

Belum lagi tidak semua pria punya waktu, uang, dan keinginan untuk keluar masuk salon hanya untuk mengganti gaya rambut agar terlihat lebih rapi. Nah agar model potongan rambut Anda tetap tahan lama walau rambut sudah panjang, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Beriktu tips yang diberikan oleh Simon Crawford, seorang penata rambut di Johnny Chop Shop, di London Soho, Inggris yang dikutip dari Fashionbeans, Kamis 8 September 2016.

Minyak Rambut

Lupakan minyak rambut gel, krim, dan wax, tapi pilih pomade clay untuk produk hair styling Anda. terutama yang memiliki sifat hold atau menahan rambut lebih kuat dan menghasilkan tampilan rambut yang tidak mengkilap.

"Ambil pomade clay dan gosok pada telapak tangan yang kering atau basah, kemudian usapkan pada rambut dan atur gaya rambut sesuai keinginan," kata Crawford. Jika memakai yang lain, gaya rambut pagi Anda hanya akan bertahan hingga tiba makan siang. Apalagi jika Anda memiliki rambut yang panjang.

Alasan lain tidak memilih wax, gel, atau krim adalah semakin panjang rambut Anda, semakin banyak yang harus Anda gunakan. Jadi beralihlah ke pomade clay dengan hold yang lebih kuat jika Anda memiliki rambut panjang.

Jarang Mencuci Rambut

Semakin panjang rambut, semakin jarang Anda akan mencuci rambut asalkan Anda tidak menggunakan banyak produk untuk hair styling rambut. Hal itu karena minyak rambut alami yang dihasilkan oleh kulit kepala juga memiliki efek sama seperti minyak rambut buatan.

Jarang mencuci rambut akan menghindarkan Anda berurusan dengan 'rambut liar' yang cepat tumbuh karena sering keramas. "Menggunakan pengering rambut pada rambut panjang yang jarang dicuci bisa mempertahankan gaya rambut Anda lebih lama," jelas Crawford.

Mencukur Sendiri

Bila Anda merasa cukup percaya diri dan berani untuk memotong rambut sendiri, lakukan dengan hati-hati. Anda tentu tidak mau menjadi pelanggan pertama yang menangis karena salah potong rambut, bukan?

Oleh karena itu ada beberapa aturan praktis agar saat Anda memotong rambut sendiri bisa berakhir baik. "Memotong lurus ke atas dan pastikan Anda tidak mengikuti lengkungan kepala, yang akan mempengaruhi blending rambut Anda," kata Crawford.

Ia menambahkan ikuti prinsip yang sama untuk bagian belakang dan samping kepala. Untuk bagian lengkungan di kepala yang menghubungkan bagian belakang dan samping ke atas, serahkan ke ahli salon.

Fokus Saat Memotongnya

Jika Anda benar berani memotong menggunakan gunting, maka fokus pada menipiskan rambut. "Gunting rambut secara vertikal sehingga Anda tidak mempengaruhi bentuk potongan rambut," kata Crawford.

Sebaiknya Anda fokus menipiskan rambut memakai gunting. Ini akan memberikan efek sesaat agar rambut terlihat lebih berteksturm terutama untuk pemilik rambut panjang. Namun harus tetap hati-hati dan tangan tetap stabil serta tak gemetar. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section