1. HOME
  2. DIGITAL
APLIKASI SMARTPHONE

XL Ajak Nelayan Madura Manfaatkan Aplikasi mFish

mFish menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang.

By Adhi 28 Desember 2015 19:07
Nelayan pamekasan menerima bantuan paket mFish dari XL (Dok. XL)

Money.id - PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura mengikat kerjasama dalam meningkatkan produktivitas nelayan setempat. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan mengimplementasikan program pemanfaatan sarana digital mFish kepada masyarakat nelayan di 6 desa.

Tidak kurang dari 110 orang nelayan mendapatkan bantuan paket aplikasi mFish yang langsung dapat dipakai sebagai pemandu dalam menjalani profesi mereka. Wakil Bupati Pamekasan, Kholil Asyari secara simbolis meluncurkan program kerjasama bertema "Sinergi mFish dan Perikanan yang Berkelanjutan" tersebut dengan menyerahkan perangkat pendukung aplikasi mFish kepada perwakilan nelayan di Pamekasan pekan lalu.

Vice President East Region XL, Desy Sari Dewi mengatakan, "Alhamdulillah, akhirnya implementasi program mFish di Kabupaten Pamekasan ini dapat kami wujudkan segera. Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup."

Desy menambahkan, seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan "Desa Broadband" di berbagai penjuru tanah air, aplikasi mFish saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali. Karena itu, XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di Madura.

Dalam kerjasama ini, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data internet selama 6 bulan. Paket tersebut berupa handset dengan aplikasi mFish di dalamnya, paket data sebesar 1GB/bulan, serta alat pengisi batere tenaga surya.

Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.

Melalui kerjasama ini, Dinas kelautan dan Perikanan setempat juga akan bisa mendapatkan data riil dari nelayan. Data tersebut mencakup harga ikan, serta jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, agar nelayan mampu menggunakan peralatan digital tersebut secara efektif, XL menyediakan pendampingan selama 6 bulan. Akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektivitasnya.

Setelah Kabupaten Pamekasan, menyusul segera XL akan menandatangai kerjasama mFish dengan Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Dengan demikian total tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura pada tahap awal ini. XL berharap, penggunaan sarana digital ini akan terus meluas.

Dari sisi jaringan pendukung, XL memiliki jaringan yang memadai di Madura. Di Pulau Garam ini, XL adalah operator dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu sekitar 1,37 juta pelanggan. Total ada 795 BTS di seuluruh Madura, dan sebanyak 380 di antaranya adalah BTS 3G.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section