1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Wikipedia Kembangkan Mesin Pencari

Dengan bantuan sebuah institusi di Swedia, Wikipedia mulai kembangkan mesin pencari mereka.

By Nur Chandra Laksana 12 Maret 2016 07:40
Wikipedia (wikipedia)

Money.id - Ambisi Wikipedia untuk membuat mesin pencari, seperti Google, bukanlah hal kosong belaka. Hal ini ditunjukkan dengan langkah yang baru saja diambil oleh Wikipedia, yakni dengan menggandeng sebuah institusi untuk mewujudkan ambisi mereka.

Dilansir dari laman Wikipedia, mereka telah berkerja sama dengan sebuah lembaga Institusi KTH Royal Institute of Technology, Swedia, untuk membuat proyek ambisius ini berhasil.

Lebih lanjut lagi, Wikipedia menyebutkan bahwa akan ada sekitar 25 persen orang yang akan mendapatkan keuntungan dari mesin pencari ini. Wikipedia yakin bahwa orang akan lebih tertarik dengan perbaikan visual dalam sebuah laman berbasis teks.

Sayangnya, pengembangan pertama mesin pencari milik Wikipedia tersebut dibuat dalam bahasa Swedia, demikian diungkapkan kepala institusi KHT, Professor Joakim Gustafson.

“Setelah selesai, baru kami akan merambah ke basis bahasa Inggris dengan bantuan vokal. Kami yakin akan berjalan dengan sempurna, jika dilihat dari banyaknya kemampuan linguistik yang kami dapatkan dari sumber terbuka.”

Setelah bahasa Inggris, kata dia, tim akan mengembangkan bahasa Arab. "Namun ini hanya untuk membuktikan bahwa kami mampu,” kata Professor Joakim.

Yah, semoga saja proyek ambisius milik Wikipedia ini benar-benar terwujud. Yang bisa kita lakukan adalah menunggu untuk melihat hasil yang Wikipedia dapatkan. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section