1. HOME
  2. DIGITAL
WHATSAPP

Waspadai Pesan 'Hoax' WhatsApp Bisa Diakses Tanpa Internet

Pesan hoax tersebut ternyata adalah scam. Apa itu scam? Bahayakah?

By Adhi 11 Mei 2016 16:57
Pesan hoax WhatsApp yang katanya bisa diakses tanpa koneksi internet (deccanchronicle.com)

Money.id - Para pengguna WhatsApp dibuat heboh dengan pesan berantai yang menyebutkan bahwa aplikasi pesan instan (chatting) tersebut kini bisa dinikmati tanpa koneksiĀ internet.

Bagi Anda yang mendapatkan pesan serupa, waspadalah! Pasalnya, pesan tersebut jelas-jelas kabar bohong alias hoax.

Menurut pantauan Money.id, dalam pesan hoax itu disebutkan bahwa WhatsApp telah meluncurkan fitur terbaru bernama 'Ultra-Light Wifi'. Dengan fitur ini, pengguna dapat menikmati layanan WhatsApp tanpa koneksi internet dengan cara melakukan aktivasi di tautan (link) http://ta3.co/ultra-light-wifi/.

Namun, jika link tersebut di-klik, maka Anda akan dibawa ke halaman situs lain yang sama sekali tidak memiliki hubungan dengan WhatsApp. Setelah itu, Anda malah diharuskan untuk menyebarkan pesan hoax ke 15 kontak lain.

Tampilan pesan hoax yang menyebutkan WhatsApp bisa diakses tanpa koneksi internet (deccanchronicle.com)

Paska Anda menyebarkan pesan hoax ke 15 kontak lain seperti yang diminta, Anda kemudian akan dibawa ke halaman kedua yang berisi formulir survei online.

Survei itu meminta Anda untuk memberikan nama dan sejumlah rincian data pribadi lainnya, mulai dari nomor telepon hingga alamat email.

Nah, patut diketahui bahwa metode penipuan seperti ini dikenal dengan sebutan scam, sementara orang yang melakukannya disebut scammers.

Apa itu Scam?

Scam adalah usaha penipuan untuk mengumpulkan data pribadi para pengguna internet, khususnya nomor telepon dan alamat email.

Lalu, data-data yang berhasil dikumpulkan itu biasanya akan dijual kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti agensi pemasaran, periklanan, dan masih banyak lagi.

Ini artinya, setelah Anda mengisi data pada survei di sebuah pesan scam, maka biasanya Anda akan mendapatkan telepon maupun email promosi dari berbagai produk. Hal ini tidak akan terjadi satu atau dua kali, melainkan berulang kali.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section