1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Ternyata 3 Fitur Bawaan Android Ini Bikin Baterai Anda Boros

Tinggal lakukan beberapa langkah mudah, maka Anda dapat mengurangi tingkat keborosan baterai.

By Nur Chandra Laksana 16 Juni 2016 16:01
Ilustrasi menggunakan Ponsel Pintar (pixabay.com)

Money.id - Penggunaan aplikasi berlebih memang menjadi salah satu alasan mengapa baterai ponsel menjadi boros. Oleh karena itu, penggunaan baterai pengganti kini kian menjadi hal yang penting bagi kehidupan sehari-hari.

Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa fitur bawaan Android yang ternyata membuat baterai ponsel mejadi boros? Nah penasaran bukan apa saja fitur bawaan Android yang membuat boros baterai ponsel pintar Anda?

Jika penasaran, silakan simak tiga faktor yang membuat baterai ponsel Anda boros berikut ini.

Auto Brightness

 

Fitur mendasar bawaan Android ini memang berfungsi untuk mengatur cahaya layar ponsel pintar agar dapat melihat layar dengan jelas dan nyaman. Selain itu, penggunanya juga tidak perlu ribet mengatur cahaya ketika berpindah dari ruangan ke ruangan lain dengan tingkat pencahayaan yang berbeda.

Namun ternyata, fitur ini akan sangat menguras baterai ponsel pintar Anda. Sebab, ponsel akan secara terus menerus menggunakan sensor cahaya demi memberikan kenyamanan ketika menggunakan ponsel pintar.

Untuk itu, Anda tinggal mematikan fitur ini untuk menghemat baterai ponsel pintar Anda. Namun, Anda harus sabar karena harus menyeting pencahayaan secara manual ketika berpindah ruangan.

 

Screen Timeout

 

Penggunaan Screen Timeout ini memang ditujukan bagi penggunanya yang sering meninggalkan ponsel dalam keadaan terkunci. Memang, dengan menggunakan fitur ini keamanan dari sebuah ponsel terasa lebih terjamin.

Namun karena mekanisme ini memerlukan ponsel menjalankan timer otomatis, maka penggunaan baterai ponsel akan terasa lebih boros. Untuk itu, mematikan fitur ini dan lebih sering mengunci ponsel Anda adalah pilihan yang terbaik.

 

Widget dan Background Apps

Background Apps adalah istilah dari berjalannya aplikasi di belakang layar meskipun kita tidak menggunakan aplikasi tersebut. Beberapa contohnya adalah aplikasi chatting dan media sosial.

Oleh karena itu, melepas pemasangan atau sekadar memberhentikan layanan tersebut bisa menjadi pilihan Anda. Caranya mudah, Anda hanya tinggal masuk ke pengaturan, lalu masuk ke aplikasi.

Setelah itu pilih tab berjalan, dan pilih aplikasi yang ingin diberhentikan. Setelah terbuka, tinggal menekan tombol hentikan paksa. Maka secara otomatis aplikasi tersebut akan berhenti.

Namun jika Anda melakukan ini, maka secara otomatis pemberitahuan terbaru tidak akan masuk ke dalam ponsel Anda. (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section