1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

CEO Blibli.com: Terlalu Banyak Regulasi, e-Commerce Sulit Maju

Semakin banyak regulasi, perusahaan e-commerce makin sulit maju.

By Nur Chandra Laksana 29 Maret 2016 13:49
CEO blibli, Kusumo Martanto (ncl/money.id)

Money.id - Perkembangan e-commerce di Indonesia memang sedang berkembang dengan pesat. Untuk itu, pemerintah Indonesia memang sedang menggodok peraturan yang menyangkut bidang yang masih terbilang baru di Indonesia ini.

Namun, salah satu pelaku bisnis e-commerce di Indonesia, yakni Blibli.com, melalui CEO mereka, yakni Kusumo Martanto, mengungkapkan isi hatinya mengenai regulasi mengenai e-commerce yang sudah ada di Indonesia.

“Kalau kebanyakan regulasi, dan hal-hal yang tidak fundamental pun diatur, kan jadi ribet,” tutur Kusumo pada acara penjualan perdana Oneplus X pada Senin, 28 Maret 2016 di Jakarta.

"Kalau makin banyak regulasi, terutama untuk industri yang baru seumur jagung, takutnya nanti industrinya nanti nggak bisa 'terbang’," lanjut Kusumo.

Namun, dari semua regulasi tersebut, ada yang betul-betul dianggap penting oleh Kusumo.

“Kecuali untuk regulasi soal customer protection, kami sangat setuju ya. Tapi apa semua hal harus dibuat regulasinya? Kan enggak," jelas Kusumo.

Di sisi lain, ia mengaku bahwa dirinya tidak yakin apakah semua pelaku e-commrece benar-benar telah mematuhi regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Satu lagi, apa semua pemain di industri ini ikut regulasi yang ada? Coba dicek saja lah yang lainnya,” sebut Kusumo.

Memang, untuk menyelaraskan semua ini, pemerintah harus mencari cara. Namun, Kusumo menyayangkan sikap pemerintah yang masih kurang tepat dalam mencari akar permasalahan ini.

"Untuk mencari akar permasalahannya, yang dikejar itu di hulu, bukannya di hilir. Ini saya berbicara bukan cuma soal e-commerce saja, ini berlaku general di seluruh industri lho ya," tegas Kusumo.

 

Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section