1. HOME
  2. DIGITAL

Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Telekomunikasi Natal dan Tahun Baru

Telkomsel memprediksi layanan data mengalami kenaikan yang paling signifikan mencapai 2.000 Terabyte atau naik 22.6%.

By Adhi 16 Desember 2015 16:46
Pusat kontrol jaringan telekomunikasi Telkomsel (Dok. Telkomsel)

Money.id - Menyambut momen Natal dan Tahun Baru (NARU) 2016 Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan komitmen Telkomsel untuk terus memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat, khususnya di masa-masa dimana trafik telekomunikasi cukup tinggi, baik untuk layanan suara, SMS, maupun data.

Untuk memastikan kesiapan jaringannya, Telkomsel juga telah melakukan uji jaringan di beberapa area maupun jalur utama yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Fokus uji jaringan dilakukan ke layanan data, yang saat ini penggunaannya terus mengalami peningkatan dari tahun dan ke tahun.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Periode akhir tahun merupakaan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam layanan data. Seiring dengan terus meningkatnya penggunaan layanan data dari tahun ke tahun, fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima, sehingga para pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan layanan data Telkomsel.”

Ririek lebih lanjut menjelaskan bahwa tahun ini Telkomsel telah mencanangkan program TrueBEx untuk penyediaan jaringan broadband terbaik di 30 Kota yang meliputi 1.000 POI (Point of Interest) untuk memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga. Selain itu kehadiran 4G LTE di berbagai kota juga diharapkan akan meningkatkan kenyamanan pelanggan di dalam menggunakan mobile broadband.

Pada periode NARU kali ini, Telkomsel memprediksi layanan data mengalami kenaikan yang paling signifikan mencapai 2.000 Terabyte atau naik 22.6% dibandingkan trafik data rata-rata di hari normal sepanjang tahun 2015. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1,64 Milyar menit atau naik 6,4%, sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 Milyar SMS atau naik 18,8% dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.

Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk Internet Service yang ditingkatkan menjadi 370,2 GBPS atau naik sekitar 60% dari tahun 2014. Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 239 juta pelanggan (naik 11,7% dari tahun 2014). Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 303,6 juta pelangan. Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 162 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data. Selain itu sebanyak 100.000 BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan dimana pun mereka berada.

Momen natal dan tahun baru kali ini juga semakin spesial dengen telah tergelarnya jaringan Telkomsel 4G LTE di Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, Batam, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Pekanbaru dan Banjarmasin. Didukung oleh sekitar 3.000 BTS 4G yang mencakup lokasi-lokasi strategis di tiap kota, pelanggan dapat menikmati layanan mobile broadband terbaik dari Telkomsel.

Telkomsel juga telah melakukan identifikasi terhadap 665 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa NARU, seperti di lokasi-lokasi pusat perbelanjaan.

Telkomsel juga mengerahkan 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjamin kualitas jaringan selama NARU tetap prima. Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.658 outlet siaga, serta didukung pula oleh 73 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur.

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section