1. HOME
  2. DIGITAL
GAME

'Game Mobile' Cetak Keuntungan Terbesar di Industri Permainan

Keuntungan game mobile melebihi game PC dan konsol.

By Adhi 7 April 2016 17:22
Ilustrasi game mobile (playbrains.com)

Money.id - Lembaga penelitian App Annie dan IDC baru saja merilis data yang cukup mengejutkan soal performa bisnis game mobile di platform Android dan iOS.

Data tersebut menyatakan bila game mobile telah menjadi kategori paling menguntungkan di industri game. Bagi siapa saja yang sebelumnya percaya game konsol atau game PC merajai industri game, salah besar.

Keuntungan game mobile saat ini ditaksir mencapai US$34,8 miliar atau sekitar Rp460,8 triliun! Jumlah ini mengalahkan keuntungan game PC di posisi kedua dengan total US$29 miliar (Rp 384 triliun), dan game konsol US$18,5 miliar (Rp 245 triliun).

Apabila ditotal, seluruh gamer di dunia menghabiskan uang sekitar Rp1.130 triliun lebih untuk bermain game. Tentu ini adalah angka yang sangat besar bila dibandingkan dengan jenis bisnis digital lain.

Bahkan, game mobile disebut menempati posisi ke-4 sebagai sektor bisnis paling menguntungkan di industri hiburan.

Selain soal uang, data IDC juga menunjukkan jika game sejatinya hanya berkontribusi sekitar 38 persen dari total unduhan aplikasi di Google Play Store atau iOS App Store. Game dari Supercell, Clash of Clans masih jadi game dengan pendapatan terbanyak saat ini.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section