1. HOME
  2. DIGITAL
TEKNOLOGI

Perusahaan Raksasa Teknologi AS Doyan Kemplang Pajak?

Mereka menyembunyikan sebagian dari keuntungan mereka di luar negeri.

By Adhi 25 Desember 2015 11:37
Ilustrasi pegawai Apple (businessinsider.co.id)

Money.id - Tarif pajak penghasilan korporasi Amerika Serikat adalah sekitar 35%, tetapi sebagian besar raksasa teknologi di AS membayar jauh lebih sedikit dari yang seharusnya.

Menurut analisis situs penelitian keuangan WalletHub tarif pajak efektif yang dibayar oleh perusahaan teknologi AS seperti Apple, Microsoft, dan Google, jauh di bawah rata-rata 28,6% dari tarif yang dibayar oleh perusahaan besar yang masuk dalam indeks S&P 100.

Facebook adalah pengecualian dengan tarif pajak efektif sebesar 41%. Di masa lalu perusahaan jejaring sosial tersebut telah membayar tingkat yang lebih tinggi namun kelebihannya telah dikembalikan dalam bentuk pemotongan pajak, menurut Quartz.

Salah satu cara para raksasa teknologi ini menurunkan tagihan pajak mereka adalah dengan menyembunyikan sebagian dari keuntungan mereka di luar negeri. Masalahnya, tarif pajak internasional lebih rendah daripada di AS.

Apple, misalnya, menyimpan sebagian besar uangnya secara offshore atau di luar negeri. Mereka secara terbuka mengatakan hal itu dilakukan untuk menghindari tagihan pajak perusahaan di AS yang tinggi.

Berikut adalah daftar tarif pajak korporasi yang dibayar oleh raksasa teknologi di AS untuk tahun fiskal 2014 yang dibuat statistiknya oleh Statista berdasarkan analisis WalletHub.

1. Facebook - 40,1%
2. Apple - 26,1%
3. Intel - 25,9%
4. IBM - 21,2%
5. Microsoft - 20,7%
6. Google - 19,3%
7. Cisco - 19,2%

(dhi)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section