1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTFREN

Pengguna Smartfren Habiskan 1GB Data Internet per Hari

Tren penggunaan data internet berlebih dipicu oleh munculnya beberapa aplikasi OTT streaming video.

By Nur Chandra Laksana 25 April 2016 19:10
Samsung Galaxy J2 bundling Smartfren (money.id/Nur Chandra)

Money.id - Jika berbicara kebiasaan pengkonsumsian data internet, pengguna Indonesia memang cukup 'rakus'. Apa lagi jika pengguna tersebut menggunakan paket internet tanpa batasan kuota, atau sering disebut paket internet unlimited.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Head Marketing Communicatin PT Smartfren, Derrick Surya. Smartfren sendiri memang memiliki paket True Unlimited yang membebaskan penggunanya dari kuota internet.

Derrick menjelaskan, "Rata-rata penggunaan paket data True Unlimited kami sekitar 800MB hingga 1GB per hari. Apa lagi dengan munculnya beberapa aplikasi OTT streaming video, dari luar maupun dalam negeri. Bisa lebih membengkak lagi penggunaannya."

Memang, untuk mengakses layanan streaming video, para pengguna membutuhkan kuota internet yang cukup besar. Untuk menonton sebuah film secara streaming misalnya, kuota internet yang dibutuhkan tidak akan kurang dari 1GB per film dalam kualitas Full HD.

Sedangkan jika melakukan streaming dengan kualitas HD, pengguna dibebankan sekitar 600 hingga 800MB per film.

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi penggunaan kuota internet yang berlebihan tersebut, Smartfren rencananya akan mengehentikan paket True Unlimited per 31 April 2016. Sebagai gantinya, Smartfren menawarkan dua paket terbaru, yakni Smartplan Limitless dan Smartfren Kuota Super Besar.

Untuk Smartplan Limitless, Smartfren membanderolnya dengan harga Rp75 ribu, dimana pengguna akan mendapatkan kuota sebesar 3GB, 2GB kuota utama dan 1GB kuota bonus.

Sementara untuk paket Smartfren Kuota Super Besar, harganya adalah Rp300 ribu dengan total kuota 30GB untuk dipakai selama 3 bulan.

"Ya kan belum tentu pengguna menggunakan kuota sebesar itu setiap harinya. Terkadang bisa sangat tinggi dan terkadang bisa sangat rendah. Makanya 30 GB untuk 90 hari itu sudah tepat menurut kami," tutup Derrick. (dhi)

Baca juga:

(a/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section