1. HOME
  2. DIGITAL

Nomor Telepon Akan Kehilangan Pamor di Masa Depan?

Pada masa akan datang orang-orang diprediksi akan meninggalkan nomor telepon. Lantas apa penggantinya?

By Rohimat Nurbaya 11 Januari 2016 08:03
Ilustrasi Ponsel (trackingcellphone.net)

Money.id - Pertumbuhan Facebook Messenger sangat cepat dan Facebook memprediksi bahwa dunia masa depan tidak membutuhkan nomor telepon.

Dikutip dari Business Insider, dalam sebuah posting blog pada hari Kamis kemarin, bos Facebook Messenger, David Marcus menulis bahwa pada 2016 akan menjadi tahun ketika nomor telepon perlahan-lahan akan sirna.

Sebagian karena pertumbuhan Messenger yang cepat yang saat ini memiliki 800 juta pengguna bulanan aktif. Itu berarti aplikasi perpesanan Facebook itu mendapat tambahan sekitar 100 juta pengguna baru hanya dalam enam bulan terakhir.

Marcus mengklaim, aplikasi perpesanan smartphone sekarang dapat melakukan begitu banyak hal yang telepon tradisional, termasuk panggilan suara dan SMS, tidak melakukannya. Sehingga Messenger akan membuat nomor telepon hampir tidak berguna.

Selain itu, Facebook Messenger menawarkan fasilitas tambahan seperti mengirim dan menerima uang, atau mengirim foto dan file. Semua dilakukan tanpa memerlukan nomor telepon.

"Dengan Messenger, kami menawarkan semua hal yang membuat SMS sangat populer, tetapi juga jauh lebih banyak," tulis Marcus.

"Anda dapat membuat panggilan video dan suara sementara pada saat yang sama tidak perlu tahu nomor telepon seseorang," ujarnya.

Marcus juga menekankan fungsi Messenger lainnya seperti bagaimana pebisnis bisa menggunakannya sebagai alat layanan pelanggan.

Atau orang-orang dapat terlibat dalam obrolan kelompok, membuatnya lebih dari sekadar sebuah platform perpesanan.

Facebook telah berusaha membuat Messenger sebagai platform sosial mandiri. Pada Maret, Messenger memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang berjalan di dalamnya.

Facebook juga mendorong perusahaan untuk menggunakan Messenger sebagai alat untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. (poy)

(rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section