1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Menkominfo: Netflix Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

Soal konten Menkominfo akan berkordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, beserta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

By Adhi 12 Januari 2016 15:04
Menkominfo Rudiantara

Money.id - Layanan streaming film dan serial televisi global, Netflix, resmi hadir di Indonesia per 7 Januari 2016 kemarin. Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa layanan Netflix harus bermanfaat bagi masyarakat. Di luar itu, Rudiantara mengaku belum bisa berkomentar lebih jauh.

"Teknologi selalu berkembang, sekarang kita harus beradaptasi dengan yang baru seperti Netflix. Kita harus lihat kemaslahatannya bagi masyarakat Indonesia lebih banyak atau tidak," ujar Rudiantara.

Ia melanjutkan, "Jika memang lebih banyak baiknya bagi masyarakat, maka jangan sampai aturan menghalangi kemajuannya," katanya, Selasa 12 Januari 2016.

Baca juga: Ini Tarif dan Cara Berlangganan Netflix di Indonesia

Rudiantara sebelumnya juga mengatakan pihaknya tengah mencoba mempelajari model bisnis Netflix agar tidak mengganggu lini industri yang telah lebih dulu eksis. Pasalnya, kehadiran Netflix diprediksi akan mempengaruhi eksistensi televisi berbayar di Tanah Air.

"Kita masih terus pelajari, agar industri yang ada saat ini tidak mati mendadak. Pemerintah sebagai regulator harus bisa menata secara bertahap agar berimbang," ujarnya.

Dia juga mengatakan, pemangku kepentingan (stakeholders) untuk regulasi Netflix bukan hanya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) saja, melainkan ada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), penyelenggara internet, data center, dan lain sebagainya.

"Soal konten kita bahas dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kalau urusan penyiaran, nanti harus bicara dengan Komisi Penyiaran Indonesi (KPI)," tutur Rudiantara.

Netflix merupakan salah satu perusahaan streaming video online terbesar di dunia. CEO Netflix, Read Hasting, membuat pengumuman di gelaran CES 2016 bahwa Netflix akan tersedia di 130 negara, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia Netflix dipasarkan dengan sistem paket berlangganan, yaitu paket Basic dengan biaya Rp 109 ribu per bulan, paket Standard Rp 139 ribu, atau paket Premium Rp 169 ribu.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section