1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS ONLINE

Menkominfo: Indonesia Tak Boleh Cuma Jadi Pasar e-Commerce

Indonesia diyakini punya potensi besar untuk menjadi 'pemain utama' e-commerce dunia.

By Adhi 1 Maret 2016 14:58
ilustrasi (eatweartravel.com)

Money.id - Mulai tahun 2016 ini, lini bisnis digital menjadi fokus pemerintah dalam memperkuat perekonomian negara. Salah satu segmen bisnis digital yang diprediksi bakal terus berkembang pesat di Indonesia adalah e-commerce.

Bersama India dan China, Indonesia diprediksi bakal menjelma menjadi salah satu raksasa lini bisnis e-commerce di wilayah Asia Pasifik pada 2016.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara bahkan memprediksi nilai transaksi e-commerce di Indonesia tahun ini akan menembus angka US$4,89 miliar atau lebih dari Rp68 triliun.

Namun begitu, Rudiantara mengingatkan bahwa Indonesia jangan hanya menjadi pasar saja di sektor bisnis e-commerce. Ia menegaskan Indonesia punya potensi besar menjadi 'pemain utama' e-commerce dunia.

"Kita akan kembangkan potensi ini supaya Indonesia tidak hanya jadi pasar saja," ujar Rudiantra di acara konferensi pers IESE 2016 seperti dikutip dari Merdeka.com, Selasa 1 Maret 2016.

Menanggapi seruan Rudiantara, Indonesia E-commerce Association (idEA) pun melakukan langkah nyata dengan menggelar sebuah perhelatan akbar bagi para pelaku bisnis online dalam waktu dekat. Acara bertajuk Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) ini dijadwalkan terselenggara pada tanggal 27-29 April 2016 mendatang.

"Kita akan buat pelatihan, diskusi dan inisiatif baru yang mungkin dilakukan untuk mendorong industri, pesertanya bisa dari dalam maupun luar negeri," ujar Ketua Umum idEA, Daniel Tumiwa.

Pertumbuhan pengguna internet

Kesuksesan bisnis e-commerce di Indonesia juga didorong oleh jumlah pengguna internet yang terus bertumbuh. Pada 2015 saja, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 juta, naik dibanding 2014 yang sebanyak 88,1 juta pengguna.

"Pengguna internet itu sekitar 77 persen mencari informasi produk dan belanja online. Paling populer di internet itu produk pakaian, sepatu, tas, tiket pesawat, ponsel, dan lainnya," kata Menkominfo Rudiantara.

Hasil prediksi prospek bisnis e-commerce yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga menyebutkan bahwa pada 2016 akan ada 8,7 juta konsumen toko online. Jumlah tersebut naik dibanding 2015 yang 'hanya' sebesar 7,4 juta pembelanja online.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section