1. HOME
  2. DIGITAL
SOSIAL MEDIA

Mengapa Font Ini Selalu Digunakan untuk Meme?

Sadarkah Anda bahwa di setiap meme menggunakan font yang sama?

By Adhi 18 Maret 2016 18:12
Ilustrasi (vox.com)

Money.id - Meme (dibaca 'mim') menjadi fenomena baru di dunia maya. Kemunculannya membuat kegiatan saling berbagai di media sosial menjadi lebih ekspresif dan segar.

Menurut penjelasan laman Ubergizmo, kata meme dicetuskan oleh Richard Dawkins tahun 1976 melalui bukunya yang bertajuk The Selfish Gene. Meme pada dasarnya adalah bentuk kreatifitas seseorang dalam meniru sesuatu dengan tujuan menyindir atau hiburan semata.

Namun, sebenarnya ada satu hal yang kerap luput dari perhatian. Penarkah Anda melihat jenis font yang selalu digunakan saat membuat meme? Sadarkah Anda bahwa di setiap meme menggunakan font yang sama?

Dipaparkan laman Vox, Jumat 18 Maret 2016, jenis font yang dimaksud adalah 'Impact'. Font ini merupakan buah karya Geoff Lee dan telah muncul sejak 1965.

(Font Impact/designtrend.com)

Beberapa tahun sejak kemunculannya, paten font 'Impact' menjadi milik Stephenson Blake, pengusaha desain.

Sebagai seorang desainer periklanan, Blake menyadari bahwa bentuk huruf pada Impact memiliki kemampuan pemasaran yang baik. Bentuknya tegas dan mampu terbaca dengan jelas, khususnya bila dibubuhkan di atas sebuah gambar. Bahkan, font Impact masih dapat terbaca meski tampil tanpa outline hitam.

Pada tahun 1996, hak paten Impact menjadi milik Microsoft. Di sini lah, popularitas Impact meluas. Microsoft menyematkan Impact sebagai font utama yang digunakan di Windows 98, sistem operasi PC yang kala itu menguasai pasar.

Sementara itu, penggunaannya untuk meme mulai menjamur pada 2003. Hingga pada akhirnya Impact mendapat predikat sebagai font khusus meme.

Baca juga:

Kisah Bocah Menggemaskan di Balik Meme 'Success Kid'
Sabet Piala Oscar, DiCaprio Akhirnya Tak Lagi Jadi Aktor Meme
Haji Lulung Jadi Meme Terpopuler Sepanjang 2015
Wanita-wanita Cantik Ini Rasakan Betapa Kejamnya Meme
Lucu, Meme Mesranya Lorenzo-Marquez di MotoGP Valencia

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section