1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Melongok Evolusi Logo Apple dari Masa ke Masa

Tahukah anda jika Apple pernah mengganti logo perusahaan karena alasan keuangan?

By Adhi 13 Oktober 2015 15:38
Evolusi logo Apple (ytimg.com)

Money.id - Apple merupakan salah satu perusahaan raksasa di industri teknologi. Selain berkat karya-karyanya yang revolusioner, perusahaan yang bermarkas di California ini juga dikenal dengan logonya yang unik.

Apple memilih menggunakan logo ikonik sebuah apel yang tergigit. Tahukah anda sejarah logo Apple dan alasan di balik pemilihan logo tersebut?

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Logo awal Apple, "Newton Crest" (1976)

Logo pertama Apple diciptakan pada tahun 1976 oleh salah satu co-founder Apple, yakni Ronald Wayne. Berefrensi dari gambar teori grafitasi Sir Isac Newton, logo Apple kala itu sangat rumit. 

Di dalamnya terdapat gambar Newton sedang membaca di bawah pohon apel dengan buah apel yang menggantung tepat di atas kepalanya. Ronald Wayne menggambar sendiri sketsa pertama logo Apple tersebut. Sketsa itu dibingkai dengan tulisan "NEWTON… A MIND VOREVER VOYAGING THROUGH STRANGE SEAS OF TOUGHT… ALONE."

Di luar bingkai tersebut juga terdapat nama perusahaan, yakni Apple Computer CO. Logo ini dipakai sebagai brosur perkenalan Apple.

"Rainbow Logo" (1976-1998)

Menurut Steve Jobs, logo Newton Crest terlalu rumit untuk sebuah logo perusahaan. Bahkan, Jobs pun beranggapan bahwa logo yang rumit ini sebagai penyebab utama gagalnya penjualan produk PC Apple I di pasaran.

Setelah hanya beberapa bulan menggunakan logo Newton Crest, Jobs pun mengambil keputusan untuk mencari seorang desainer sungguhan untuk mendesain logo baru. Akhirnya seorang desainer grafis bernama Rob Janoff pun didapuk untuk membuat logo baru Apple. Menurut yang dikutip dari laman Creative Bits, Jobs hanya berpesan pada Janof, "Jangan buat logonya terlalu imut". Rob tertawa mendengar permintaan tersebut.

Pada Januari 1977, dia menyerahkan dua buah logo kepada Jobs, yaitu satu logo berupa buah apel utuh dan satu lagi buah apel yang tergigit. Pada awalnya Rob berfikir bahwa Steve akan memilih buah apel yang utuh. Tapi, secara mengejutkan Jobs memilih logo apel yang tergigit. Ia memilih logo tersebut sambil mengatakan bahwa dia adalah pemikir yang diluar kebiasaan. Begitu pula alasan mengapa logo Apple tersebut memliki banyak strip warna-warni bak pelangi.

Setelah logo tersebut keluar bersama dengan peluncuran PC Apple II pada April 1977, banyak legenda bertebaran tentang mengapa logo perusahaan tersebut memiliki bekas gigitan di apel tersebut. Namun, jelas Rob, dia hanya ingin membuat agar orang tidak salah melihat logo tersebut sebagai buah ceri. 

"The Monochrome Logo" (2007-sekarang)

Pada tahun 1997, Jobs mengganti logo tersebut dengan warna hitam. Alasan utamanya adalah karena ongkos pembuatan logo tersebut terlalu mahal. Pada 1998, setelah 22 tahun, pemakaian logo warna warni terebut akhirnya digantikan. Pada tahun 2001, Apple mengusung logo yang bertema biru laut. Logo yang berwarna biru ini digunakan sampai tahun 2003 atau sebelum sistem operasi Mac OS X Panther dirilis secara resmi.

Pada tahun 2007, Jobs pun memilih warna abu-abu silver, atau yang lebih populer dengan nama chrome. Warna chrome dianggap Jobs mewakili semangat zaman yang semakin modern. (dhi)

Laporan: Nur Chandra Laksana

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section