1. HOME
  2. DIGITAL
MODELLING

Matematika Bisa 'Terawang' Masa Depan Calon Model

Media sosial memegang peranan penting bagi karier model-model muda ini.

By Ita Malau 21 September 2015 18:23
Model yang memiliki akun Instagram (Instagram)

Money.id - Untuk masuk dan bertahan di dunia modelling tidak segampang yang dikira banyak orang. Wajah cantik dan kurus bukanlah syarat mutlak seseorang bisa sukses di panggung runway.

Nah, sekelompok ilmuwan mencoba memecahkan persoalan bagaimana menerawang masa depan seorang calon model tersebut dengan menggunakan algoritma. Dikutip dari laman Dailymail, 3 September 2015, para ilmuwan dari Universitas Indiana Amerika Serikat itu mengklaim bahwa tingkat akurasi metode yang mereka buat cukup tinggi, yakni 80 persen.

Tim ini mengawali penelitian mereka dengan menganalisis 400 model fashion dari Fashion Model Directory. Lalu mereka melanjutkan analisis ke akun pribadi para calon model di Instagram.

Analisis di Instagram ini mencakup followers, jumlah posting per bulan, jumlah 'like' dan comment para calon model ini. Tim ini juga menganalisis apakah comment tersebut cenderung positif atau negatif.

Untuk menguji hasil algoritma aplikasi tersebut, tim fokus menganalisis 15 model, yang terdaftar di Fashion Model Directory sebagai 'wajah baru'. Hasil metode ini menyatakan bahwa delapan model diperkirakan memperoleh kesuksesan luar biasa. Dari jumlah itu, enam model terbukti akurat. Lalu, tujuh model lainnya diprediksi tak terlalu populer dan sejauh ini sudah terbukti enam orang.

Popularitas ditandai berapa kali mereka berjalan di atas runway dalam periode tertentu di tahun 2015. Enam model yang paling populer di musim Fall/Winter 2015 adalah Sofia Tesmenitskaya, Arina Levchenko, Renata Scheffer, Sasha Antonowskaia, Melanie Culley, dan Phillipa Hemphrey.

"Analisis kami menyimpulkan bahwa Instagram sama pentingnya dengan kemampuan agensi model paling top dalam memprediksi wajah-wajah baru," kata Emilio Ferrara, ilmuwan komputer di University of Southern California, yang melaksanakan penelitian bersama IU Network Science Institute.

Hasil penelitian ini mengungkap perubahan tren di dunia modelling setelah adanya media sosial. "Media sosial telah mengubah permainan secara dramatis. Dulu, para model tidak berinteraksi dengan konsumen. Tapi sekarang, aktivitas online mereka memegang peranan penting untuk popularitas--dan tentu saja--kesuksesan mereka," kata peneliti Giovanni Luca Ciampaglia.

Di masa mendatang, peneliti akan menggunakan metode yang sama untuk memprediksi profesi lainnya.

(im/im)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section