1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Mantan CEO Intel Era 80-an, Andy Grove Tutup Usia

Pria yang membawa keuntungan Intel sepuluh kali lipat ini mendapat julukan Legend of Silicon Valley.

By Nur Chandra Laksana 22 Maret 2016 19:01
Andy Grove (intel.com)

Money.id - Mantan CEO Intel pada era 80-an, Andy Grove tutup usia pada Senin 21 Maret 2016 malam. Kabar meniggalnya pria yang dijuluki Legend of Silicon Valley ini diturunkan langsung dari Intel Newsroom dan diumumkan langsung oleh CEO Intel saat ini, Brian Krzanich.

"Saya pikir, industri chip Amerika dan Intel khususnya tak akan bisa seperti sekarang jika bukan karena jasanya," ujar Krzanich.

Dilansir dari laman The Verge Selasa 22 Maret 2016, penyebab pasti kematian Grove belum bisa dipastikan. Namun, dugaan sementara penyebab kematiannya adalah kanker prostat, yang menyebabkan dia harus mundur menjadi CEO Intel.

Grove membawa Intel ke era kejayaannya dengan meningkatkan keuntungan Intel dari angka US$1,9 miliar atau sekitar Rp25 triliun, melonjak ke angka US$26 miliar atau Rp342,6 triliun.

Dengan ini, Grove berhasil mentransformasi Intel dari perusahaan pembuat chip memori menjadi perusahaan semikonduktor terbesar di dunia.

Selain Krzanich, beberapa pemimpin teknologi besar di dunia turut mengucapkan belasungkawa mereka. Tim Cook, Bill Gates, dan Sundar Pichai adalah beberapa tokoh pemimpin teknologi besar di dunia yang mengucapkan belasungkawa melalui laman Twitter pribadi mereka.

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section